Laporan dari Brisbane

Mau Bikin Beefsteak Sendiri ? Ikuti Teknik 'Resting' Ini Agar Lebih Empuk

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 15 Sep 2018 12:30 WIB
Foto: iStock
Brisbane - Hari ini mau bikin steak di rumah? Caranya mudah, cukup ikuti tips chef Afit. Termasuk soal 'resting' yang bikin steak lebih empuk.

Bikin beefsteak di rumah ternyata tidak sulit. Bahan utamanya cukup satu, potongan daging berkualitas. Jenis potongannya bisa sesuai selera, mau yang banyak lemak atau tidak.

Chef Afit D. Purwanto dari Holycow! Steakhouse Hotel by Chef Afit memberi tips soal mengolah steak. Ia menekankan pentingnya menggunakan daging sapi berkualitas agar hasil beefsteak nanti enak.

Mau Bikin Beefsteak Sendiri ? Ikuti Teknik 'Resting' Ini Agar Lebih EmpukFoto: iStock
"Potongan daging langsung di pan-fry pakai minyak zaitun atau canola saja," beber Chef Afit. Pan-fry merujuk pada proses memasak daging di atas wajan dengan sedikit minyak atau lemak. Ia mengatakan bisa pakai butter namun karena lebih mudah gosong, disarankan pakai minyak zaitun atau canola saja.

Baca juga: Ini Sebabnya Daging Wagyu Australia Paling Enak Diolah Jadi Beefsteak

Soal bumbu, tak perlu membalurkan banyak bumbu ke atas potongan daging mentah. Cukup taburi garam dan lada sesuai selera saja. "Kita masak permukaan atas dan bawah daging," lanjut Chef Afit.

Waktu memanggang daging perlu disesuaikan dengan jenis dan ketebalan daging. Ia melanjutkan, "Rata-rata untuk tingkat kematangan medium, memanggangnya tidak lebih dari 8 menit untuk daging sapi sekitar 300 gram."

Mau Bikin Beefsteak Sendiri ? Ikuti Teknik 'Resting' Ini Agar Lebih EmpukFoto: iStock
Chef Afit mengatakan, "Soalnya kalau dipanggang lebih lama sedikit lagi akan berubah jadi medium well. Karena usai dimasak, proses masak daging sapi masih berlangsung di dalam."

Setelah steak matang, jangan langsung disajikan. Chef Afit mengatakan pentingnya teknik resting atau mengistirahatkan steak yang sudah matang, sebelum dinikmati.

"Resting itu penting karena proses masak yang tadi masih terus berlanjut. Daging sapi itu kalau habis dipanggang langsung dipotong atau dikonsumsi, jusnya akan muncrat keluar," kata Chef Afit. Ia mengatakan, "Resting itu supaya temperatur lebih turun, jus menyerap kembali ke dalam dagingnya."

Mau Bikin Beefsteak Sendiri ? Ikuti Teknik 'Resting' Ini Agar Lebih EmpukFoto: iStock
Chef Afit juga membahas soal penyajian steak. "Menikmati steak itu tidak dengan keadaan berasap yang sangat panas. Tapi sebaiknya dalam keadaan hangat dengan jus yang masih ada," pungkas Chef Afit.

Baca Juga: Bukan Well Done, Ini Tingkat Kematangan Paling Enak Untuk Beefsteak (dwa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com