Pesta BBQ Akhir Tahun

Kurangi Bau Amis Ikan dan Seafood dengan 5 Cara Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 27 Des 2018 13:39 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Pesta BBQ Tahun Baru
Jakarta - Aroma anyir yang ada pada ikan dan seafood tidak bisa dihilangkan. Tapi dengan cara ini Anda bisa menikmati seafood tanpa aroma anyir yang tajam.

Ikan dan seafood yang segar tidak akan mengeluarkan aroma anyir. Akan tetapi jika seafood yang Anda beli di supermarket atau pasar sudah didiamkan beberapa jam aatau sudah mulai busuk akan menghasilkan aroma anyir yang tajam. Kalau sudah begini, sebaiknya lakukan beberapa langkah ini agar seafood yang dibakar tetap nikmat.

Berikut ini beberapa tips menghilangkan aroma amis saat memanggang ikan dan seafood.

1. Perhatikan kesegaran ikan dan seafood

Kurangi Bau Amis Ikan dan Seafood dengan 5 Cara IniFoto: iStock

Saat membeli ikan ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Mulai dari memperhatikan mata ikan dengan bola mata yang masih jernih, sirip dan ekor yang masih kokoh, serta ikan yang masih memiliki aroma seperti laut bukan bau busuk.

Sedangkan untuk udang pilihlah yang kulitnya bening dengan ekor yang segar. Jika kepala udang sudah kendor, ada cairan kekuningan dan kulitnya tidak kencang berarti udang sudah mendekati busuk.

Dan untuk kepiting lihat kesegarannya dari mata. Kepiting yang segar memiliki mata yang utuh dan masih bergerak. Jika semua pilihan ikan dan seafood sudah segar, mau diracik jadi makanan apa saja sudah enak.

Baca juga: Sebelum Beli Ikan, Kenali 5 Tanda Penting Ikan Segar Ini

2. Beri air jeruk nipis

Kurangi Bau Amis Ikan dan Seafood dengan 5 Cara IniFoto: iStock

Mengucuri air jeruk nipis jadi salah satu cara yang paling umum dilakukan banyak orang untuk menghilangkan aroma amis. Air jeruk nipis dapat dikucuri ke permukaan ikan atau seafood sebelum diolah. Aroma jeruk yang segar dipercaya dapat mengurangi aroma amis pada seafood. Tak hanya itu, irisan daun jeruk juga dapat menghasilkan aroma segar.

3. Garam dan jahe

Kurangi Bau Amis Ikan dan Seafood dengan 5 Cara IniFoto: iStock

Dengan memanfaatkan garam dan jahe, aroma amis pada seafood juga dapat berkurang. Saat merebus seafood, Anda dapat menambahkan beberapa iris jahe. Aromanya yang segar dapat menghilangkan bau amis dan dengan Anda menambahkan garam dapat menghasilkan rasa ikan atau seafood lebih enak.

Selain dicampurkan dalam air rebusan, jahe parut juga bisa dibalurkan ke permukaan ikan sebelum dicuci. Sedangkan untuk membalurkan garam sebaiknya jangan terlalu banyak dan diamkan sekitar 5 menit saja.

Baca juga: Sudah Siap-siap Bakar Ikan? Perhatikan Dulu 5 Tips Ini

4. Tambahkan rempah

Kurangi Bau Amis Ikan dan Seafood dengan 5 Cara IniFoto: iStock

Agar rasa seafood makin mantap dan menutupi aroma amis. Biasanya seafood dimasak dengan paduan rempah seperti bawang putih, daun jeruk, serai dan jahe. Bisa juga ditambahkan dengan bawang bombay untuk menambah rasa gurih.

5. Asam Jawa dan daun jeruk

Kurangi Bau Amis Ikan dan Seafood dengan 5 Cara IniFoto: iStock

Hancurkan asam Jawa, aduk dengan sedikit air dan balurkan ke daging ikan atau seafood hingga merata. Diamkan sekitar 20 menit kemudian bilas dengan air mengalir. Selain itu bisa juga menambahkan daun jeruk untuk menetralkan aroma amis.

Baca juga: Agar Ikan Bakar Enak dan Dagingnya Tak Mudah Hancur, Perhatikan 5 Tips Ini (lus/odi)
FOKUS BERITA Pesta BBQ Tahun Baru