Menu Natal dan Tahun Baru

Sudah Siap-siap Bakar Ikan? Perhatikan Dulu 5 Tips Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 31 Des 2017 15:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Malam pergantian tahun tinggal menghitung jam. Kalau mau bakar ikan, perhatikan 5 hal ini agar rasanya enak dan daging ikan tak hancur.

Membakar ikan sebenarnya mudah, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatian agar daging ikan tak hancur alias tetap padat dan kokoh. Begitu juga dengan bumbu marinasinya agar meresap ke dalam daging ikan. Berikut 5 tips membakar ikan yang perlu Anda tahu.

Baca Juga: Ini 4 Tips Penting dari Chef untuk Meracik BBQ Seafood yang Enak

1. Jenis ikan

Sudah Siap-siap Bakar Ikan? Perhatikan Dulu 5 Tips IniFoto: iStock

Ikan berdaging tebal adalah ikan paling cocok untuk dipanggang. Baronang, bawal, kuwe, ekor kuning, kakap dan salmon bisa jadi pilihan. Hindari penggunaan ikan berdaging tipis seperti kembung dan gurame karena dagingnya akan mudah hancur saat dipanggang.

2. Pilih ikan segar

Sudah Siap-siap Bakar Ikan? Perhatikan Dulu 5 Tips IniFoto: iStock

Ikan segar jadi kunci kelezatan ikan bakar. Ini karena rasa dagingnya manis, tanpa aroma tidak sedap. Untuk pilihan terbaik, Anda bisa berburu ikan segar ke pasar ikan atau pasar tradisional. Jika diolahnya masih lama, simpan ikan dalam kotak berisi es batu. Hindari menaruhnya di freezer karena kemungkinan daging ikan hancur saat dibakar.

Sebelum diolah, cuci bersih ikan dan buang isi perutnya. Kerat-kerat kedua sisi badan ikan agar bumbu meresap hingga ke bagian dalam. Untuk ikan ukuran besar, belah membujur salah satu sisi ikan lalu bentangkan melebar agar mudah matang merata.

3. Bumbu marinasi

Sudah Siap-siap Bakar Ikan? Perhatikan Dulu 5 Tips IniFoto: iStock

Proses selanjutnya adalah memarinasi ikan. Kuncinya, simpan ikan dalam lemari es bersama bumbu marinasi sekitar 15-20 menit.

Racikan bumbu marinasinya bisa memakai campuran air jeruk nipis dan garam. Ini adalah marinasi paling dasar untuk mengurangi aroma amis pada ikan. Kalau mau lebih gurih kuat, bumbu kuning bisa jadi pilihan. Terdiri dari bawang putih, kunyit, kemiri, merica, dan garam yang dihaluskan. Atau memakai bumbu kecap yang diracik dari cabai, bawang putih parut, dan kecap manis.

Baca Juga: 5 Racikan Sambal Tradisional Ini Cocok Jadi Pelengkap BBQ

4. Minyak

Sudah Siap-siap Bakar Ikan? Perhatikan Dulu 5 Tips IniFoto: iStock

Minyak berperan penting mencegah ikan lengket. Sebelum memanggang ikan, olesi ikan dengan sedikit minyak. Tapi hal ini tidak perlu dilakukan jika bumbu marinasinya sudah mengandung minyak. Olesi juga alat panggangan dengan minyak.

Cara lain mencegah ikan lengket adalah memastikan panggangan sudah panas saat ikan ditaruh. Sebaiknya panaskan panggangan 30 menit sebelum mulai memanggang agar suhunya benar-benar panas.

5. Proses pemanggangan

Sudah Siap-siap Bakar Ikan? Perhatikan Dulu 5 Tips IniFoto: iStock

Awali proses pembakaran dengan meletakkan ikan, tanpa diberi apapun. Bila memanggang ikan utuh lebih baik menggunakan penjepit untuk ikan agar nantinya mudah dibalik. Setelah dibakar sebentar sampai agak kering, olesi bumbu ke permukaan ikan.

Jika ikan sudah ditempatkan di atas panggangan, jangan ubah posisi ikan sekitar 5 menit. Baru kemudian ikan dapat dibalik. Sebaiknya proses pembakaran dilakukan sekitar 10 menit supaya matangnya sempurna. (adr/adr)