Pesta BBQ Tahun Baru

Ini 4 Tips Penting dari Chef untuk Meracik BBQ Seafood yang Enak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 31 Des 2015 08:17 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Bosan dengan BBQ ayam atau sapi? BBQ seafood bisa jadi pilihan. Udang, ikan, dan cumi yang segar dapat dibakar dan diberi saus cocolan nikmat.

Agar hasil BBQ seafood enak dan menggugah selera, beberapa hal perlu diperhatikan. Mulai dari pemilihan jenis seafood, penanganan, hingga saus cocolannya. Chef Stefu Santoso membeberkan beberapa tips seputar BBQ seafood yang bisa Anda coba.

1. Jenis seafood
Chef Stefu menuturkan udang, ikan, dan cumi cocok dijadikan BBQ. Untuk ikan, jika kualitasnya sudah bagus cukup dibumbui garam dan lada sudah terasa enak. “Beberapa orang ada yang memarinasinya dengan rempah seperti rosemary, thyme, bawang putih, dan jeruk nipis.”

Untuk jenis ikan, detikFood menyarankan ikan berdaging tebal seperti gurame, bawal, baronang, atau kakap untuk BBQ. Pilih ikan yang benar-benar segar agar rasa dagingnya manis. Perhatikan juga hal berikut ketika membakar ikan.

Sementara untuk udang, sebaiknya pilih udang berukuran besar seperti udang jerbung atau windu. Udang jerbung adalah udang laut yang warna kulitnya putih dengan kaki berwarna merah. Dagingnya agak lunak tetapi rasanya manis dan gurih. Sementara udang windu kulitnya berwarna hijau abu-abu. Tips memilih udang dari detikFood ini bisa jadi panduan.

Lalu bagaimana dengan cumi? Pilihlah cumi segar yang ditandai dengan kulit ari bening putih serta tidak keunguan. Jika diangkat, cairan tintanya masih mengalir dengan aroma laut segar. Badan cumi seharusnya juga tidak lembek. Ikuti tips detikFood untuk menyiapkan cumi sebelum BBQ. 



2. Penanganan seafood
“Kuncinya seafood harus segar. Cium aromanya saat membeli. Jika segar, seafood tidak akan amis dan tidak perlu ditambah lemon,” ujar Chef Stefu. Ia mengatakan seafood dapat disimpan maksimal 3 hari dalam kulkas.

“Sebaiknya seafood diplastiki dan ditimpa es batu pada bagian bawah dan atasnya untuk menjaga suhu. Pasalnya suhu lemari es di rumah tidak bisa dibawah 5C,” tambah Chef berkulit putih ini.




3. Saus BBQ Seafood
Menurut Chef Stefu banyak orang menyukai sambal kecap plus jeruk limo atau sambal matah Bali untuk BBQ seafood. “Kalau gaya western biasanya membuat saus dengan bawang putih dan lemon.” Berbeda dengan daging sapi, seafood lebih cocok disajikan dengan saus yang ada unsur asam seperti lemon atau cuka (vinegar).
Jika ingin sentuhan tradisional lainnya, sambal andaliman dan sambal mangga juga bisa dijadikan cocolan BBQ seafood.




4. Tips agar cumi tidak alot
Cumi adalah seafood yang paling sering alot ketika dibakar. "Agar lebih empuk, Anda bisa memarinasinya dengan putih telur yang dikocok sampai berbusa. Lalu masukkan cumi, bumbu, dan diamkan sekitar 1 jam sebelum dibakar," ujar Chef Stefu.

Namun ia mengatakan hal ini tidak bisa dijadikan jaminan. Saat membakar, ia menyarankan agar cumi dicolok dengan pisau atau jika warnanya sudah berubah menjadi putih krem bisa diangkat.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com