​Pesta BBQ Tahun Baru​

Agar Ikan Bakar Enak dan Dagingnya Tak Mudah Hancur, Perhatikan 5 Tips Ini

Maya Safira - detikFood Selasa, 29 Des 2015 13:46 WIB
Ilustrasi: Thinkstock
Jakarta - Ikan bakar bisa jadi pilihan favorit pesta tahun baru. Agar hasilnya memuaskan, perhatikan beberapa tips pembuatannya.

Meski sederhana, ikan bakar termasuk makanan yang disukai saat pesta BBQ. Dicocol saus kecap atau sambal saja sudah enak. Supaya daging ikan tak mudah hancur saat dipanggang dan bercitarasa lezat, ikuti tips berikut ini.

1. Jenis ikan



Banyak jenis ikan yang cocok untuk sajian ini. Pilih ikan berdaging tebal seperti ikan gurame, ikan bawal, ikan baronang, ikan kuwe atau ikan kakap. Sebaiknya tidak gunakan ikan berdaging tipis seperti kembung yang mudah hancur di atas panggangan.

2. Ikan segar



Cari ikan yang benar-benar masih segar supaya rasa dagingnya manis. Sebaiknya bukan ikan yang sudah dibekukan. Kalau perlu, belilah ke pasar ikan atau pasar tradisional.

Jika membelinya sebelum malam tahun baru, simpan ikan dalam kotak berisi es batu. Ini mencegah daging ikan hancur saat dibakar, seperti kondisi ikan yang disimpan dalam freezer.

Cuci bersih ikan, buang isi perutnya. Kerat-kerat kedua sisi badan ikan agar bumbu meresap hingga ke bagian dalam. Untuk ikan ukuran besar, belah membujur salah satu sisi ikan lalu bentangkan melebar agar mudah matang merata.

3. Marinasi ikan



Proses mariasi menentukan citarasa ikan. Simpan ikan dalam lemari es saat proses marinasi sekitar 15-20 menit.

Untuk rasa sederhana, rendam ikan sebentar dalam campuran air jeruk nipis dan garam. Supaya aroma amis ikan berkurang. Namun jika ingin lebih kaya rasa, racik bumbu rendaman dengan tambahan rempah-rempah. Seperti bumbu kuning dari bawang putih, kunyit, kemiri, merica dan garam yang dihaluskan. Selain itu bisa juga membuat bumbu kecap dengan cabai, bawang putih halus dan kecap manis.

4. Minyak



Olesan minyak bisa mencegah ikan menempel pada panggangan. Sebelum dipanggang, olesi sedikit minyak pada ikan. Namun ini tak perlu dilakukan bila bumbu perendam sudah diberi minyak. Oleskan juga alat pemanggang dengan minyak supaya ikan tidak lengket.

5. Pembakaran



Awali proses pembakaran dengan meletakkan ikan, tanpa diberi apapun. Bila Anda memanggang ikan utuh dan tidak mau kesulitan membaliknya, gunakanlah penjepit untuk ikan. Setelah dibakar sebentar sampai agak kering, olesi bumbu ke permukaan ikan.

Jika ikan sudah ditempatkan di atas panggangan, jangan ubah posisi ikan sekitar 5 menit. Baru kemudian ikan dapat dibalik. Sebaiknya proses pembakaran dilakukan sekitar 10 menit supaya matangnya sempurna.

(msa/odi)