Sedang Tren di Amerika, Bubble Tea Dicampur Obat Batuk 'Ibu dan Anak'

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 17 Des 2018 12:55 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Popularitas bubble tea merambah ke Amerika. Uniknya di sana ada paduan baru, bubble tea dengan sirup obat batuk.

Bubble tea adalah minuman populer di Asia yang memadukan teh susu dengan isian bubble atau 'mutiara' hitam kenyal berbahan tapioka. Bukan hanya di Asia, kini popularitas bubble tea ternyata sudah sampai ke Amerika.

Tak sekadar bubble tea biasa, sebuah gerai minuman di California bahkan memperkenalkan kreasi bubble tea unik yang langsung mencuri perhatian. Labobatory memadukan bubble tea dengan Nin Jiom Pei Pa Koa yaitu merek obat batuk asal China.

Sedang Tren di Amerika, Bubble Tea Dicampur Obat Batuk 'Ibu dan Anak'Foto: Istimewa


Baca Juga: Manis Kenyal Bubble Tea yang Tak Pernah Membosankan

Nin Jiom Pei Pa Koa atau juga dikenal Pei Pa Koa merupakan sirup herbal alami yang berfungsi atasi sakit tenggorokan, batuk, dan serak. Ciri khasnya berwarna cokelat gelap dengan rasa mint yang khas.

Obat ini pertama kali ditemukan Doktor Ip Tin-See dari Dinasti Qing. Yang Jin, seorang Jenderal Dinasti Qing memerintahkan Dokter Ip untuk mengobati batuk ibundanya yang tak kunjung sembuh. Terkesan dengan keampuhan obat batuk ini, formula dari Doktor Ip akhirnya disampaikan turun temurun hingga akhirnya diproduksi massal tahun 1962.

Sedang Tren di Amerika, Bubble Tea Dicampur Obat Batuk 'Ibu dan Anak'Foto: Istimewa

Nin Jiom Pei Pa Koa juga dijual di Malaysia dalam merk Cap Ibu dan Anak. Sementara di Indonesia disebut OBIDA (Obat Ibu dan Anak). Komposisi Nin Jiom Pei Pa Koa cukup banyak termasuk daun loquat, akar ladybell, kulit jeruk pomelo, bunga coltsfoot, jahe segar, akar licorice, dan madu.

Adapun bubble tea rasa obat batuk di Labobatory dijual selama musim liburan. "Kami berusaha menciptakan ramuan unik yang memadukan bahan-bahan tradisional premium dan sentuhan modern pada bahan baru dan lama," tulis Labobatory di Facebook-nya. Kamu tertarik coba?

Baca Juga: Ternyata, Orang Indonesia Gemar Minum Bubble Tea di Hari Jumat

(adr/odi)