Sarapan Tradisional

Slurp! Sarapan Makin Komplet dengan Teh Talua Hingga Teh Poci

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 29 Nov 2018 07:35 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Sarapan Tradisional
Jakarta - Teh baik dikonsumsi pagi hari. Di Indonesia pun ada beragam teh yang enak dijadikan sebagai pendamping menu sarapan. Disajikan panas mengepul, mantap!

Secangkir teh tidak hanya memberikan efek tenang dan menyegarkan. Minuman ini juga ternyata memiliki manfaat baik seperti mengusir stres hingga meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Berikut ini beberapa jenis teh tradisional yang enak dan sering menjadi pendamping saat sarapan.

Baca juga: Teh hingga Kopi, Mana yang Lebih Sehat Untuk Sarapan?

1. Teh tarik

Slurp! Sarapan Makin Komplet dengan Teh Talua Hingga Teh PociFoto: iStock

Teh tarik merupakan minuman manis berupa campuran teh dan susu yang lazim disajikan untuk sarapan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Dalam proses pengolahannya, campuran teh hitam dikombinasikan dengan susu, gula dan krimer. Cara membuatnya adalah dengan cara 'ditarik'.

Teh hitam diseduh dengan air panas kemudian dicampur dengan susu, krimer dan gula. Untuk mencampurkan semuanya, teh dan bahan-bahan lainnya ditarik dari satu gelas ke gelas yang lain sehingga menghasilkan busa. Kalau untuk sarapan, teh tarik hangat semakin enak disantap dengan telur rebus setengah matang atau roti panggang.

2. Teh talua

Slurp! Sarapan Makin Komplet dengan Teh Talua Hingga Teh PociFoto: Zulfan Ariansyah/d'traveler

Minuman khas Sumatera Barat, teh talua menjadi minuman legendaris khas Minangkabau. Dibuat dengan campuran air teh yang pekat dengan kuning telur ayam kampung, racikan minuman ini dipercaya dapat menghangatkan tubuh dan menambah energi.

Dalam proses pembuatannya, teh pekat hangat yang dicampur dengan gula pasir dan kuning telur kemudian diaduk hingg berwarna putih. Kemudian disajikan panas dengan seiiris jeruk nipis. Irisan jeruk ini untuk membasahi bibir gelas sehingga saat dihirup rasanya makin nikmat. Creamy hangat!

3. Teh tubruk

Slurp! Sarapan Makin Komplet dengan Teh Talua Hingga Teh PociFoto: Istimewa

Teh tubruk banyak dinikmati oleh orang Jawa untuk teman sarapan. Teh tubruk biasanya memiliki aroma yang taham. Berbeda dengan teh celup, teh tubruk memiliki rasa yan lebih kuat karena dedaunan yang dipotong langsung diseduh dengan air panas. Selain itu, zat antioksidan yang terkandung juga tinggi. Dibeberapa daerah, teh tubruk disajikan dengan gelas lurik enamel yang mengingatkan kita pada seduhan teh zaman dulu.

4. Teh poci

Slurp! Sarapan Makin Komplet dengan Teh Talua Hingga Teh PociFoto: Dok. detikFood

Teh poci ialah minuman asal Tegal yang diseduh dalam poci tanah liat yang diberi pemanis berupa gula batu. Teh poci juga menggunakan jenis teh hitam yang beraroma harum dengan rasa agak sepat. Seduhan teh poci juga sering disebut dengan wasgitel yaitu wangi, panas, sepet, legi dan kental.

Cara penyeduhan teh poci sama halnya dengan teh tubruk. Serpihan daun teh yang disiram dengan air panas. Teh poci yang hangat tidak hanya cocok jadi teman makan nasi tapi juga pisang goreng dan aneka kue manis empuk.


Baca juga: Ini 7 Jenis Teh yang Cocok Dinikmati dengan Biskuit (lus/odi)
FOKUS BERITA Sarapan Tradisional