Begini Tahapan Membuat Donat Sushi Raksasa

Devi Setya - detikFood Kamis, 22 Nov 2018 16:50 WIB
Foto: youtube
Jakarta - Sushi banyak dikreasikan menjadi berbagai bentuk, salah satunya dijadikan donat sushi. Tapi donat sushi yang satu ini ukurannya raksasa. Gimana cara membuatnya?

Biasanya donat sushi dibuat dengan ukuran standar persis ukuran donat. Tapi donat sushi yang satu ini super besar dengan berat 7,2 kilogram.
Begini Tahapan Membuat Donat Sushi RaksasaFoto: youtube
Baca juga : Setelah Sushi Burger, Kini Ada Sushi Donat yang Tak Kalah Unik
Pemilik akun Youtube HealthyJunkFood menunjukkan cara meracik donat sushi ini. Bersama Chef Jonathan dari Wave Asian Bistro and Sushi, YouTuber ini mulai membuat donat sushi.

Untuk mencetak donat, mereka memanfaatkan sebuah loyang bundar yang memiliki rongga di tengahnya, mirip loyang bolu. Loyang ini kemudian dilapisi dengan plastik wrap.

Selanjutnya Chef Jonathan mengisi loyang dengan nasi. Nasi ini dipadatkan pada seluruh permukaan bagian dalam loyang sambil ditekan perlahan.

Setelah nasi, lalu isiannya ada wortel yang dipotong kecil memanjang, mentimun, daging tuna dan lobak. Untuk menutup bagian atasnya, Chef Jonathan menggunakan nasi yang sudah dipipihkan.

Terakhir, ia menutup nasi dengan lembaran nori. Setelah siap, donat sushi raksasa ini kemudian dikeluarkan dari cetakan.

Belum selesai, donat sushi ini kemudian dilapisi dengan berbagai topping mulai irisan ikan salmon, tuna, alpukat, mentimun hingga tobiko. Sebagai sentuhan akhir, donat sushi diberi taburan biji wijen hitam dan putih.
Begini Tahapan Membuat Donat Sushi RaksasaFoto: youtube

Baca juga : Wow! Ini Dia Donat Sushi Jumbo dengan Berat 7.2 Kg!

Chef Jonathan lalu menambahkan wakame atau rumput laut pada bagian tengah donat sushi dan menabur sedikit daun bawang iris.

Donat sushi ini mengandung 7680 kalori jadi buat yang sedaang diet jangan coba-boba menyantapnya ya. Penasaran seperti apa proses pembuatannya? Lihat video berikut.

(dvs/odi)