Sepi Peminat, Harga Durian Musang King di Singapura Turun

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 15 Nov 2018 17:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Peminat buah durian di Singapura menurun. Hal ini menyebabkan harganya juga menurun. Padahal buah ini punya rasa yang sangat enak.

Harga durian Mao Shan Wang jatuh karena vendor di Singapura melihat penurunan jumlah pelanggan. Mao Shan Wang dikenal juga sebagai Musang King. Durian jenis ini dijual dengan harga lebih dari $20 atau sekitar Rp 294 ribu per Kg. Tetapi sekarang dijual seharga $ 16 atau sekitar Rp 235 ribu hingga $ 20 atau sekitar Rp 294 ribu per Kg.

Baca juga: Laris Manis! Durian Rp 3.500 per Buah di Gerai Ini Diburu Sejak Pagi

Salah satu vendor bernama King Fruits Durian bahkan memangkas harga hingga $10 atau sekitar Rp 147 ribu untuk satu buah durian pada Senin (12/11).

Sepi Peminat, Harga Durian Musang King di Singapura TurunFoto: Istimewa

Permintaan yang rendah menjadi faktor terbesar dalam penurunan harga ini. Ms Linda Ang, pemilik Combat Durian mengatakan,"Sekarang adalah masa liburan sekolah dan orang-orang akan berlibur, jadi lebih sedikit orang yang membeli."

Baca juga: Jatuh Cinta pada Durian, Blogger Amerika Ini Bikin Buku Panduan Durian

Ah Seng Durian mengatakan bahwa ini adalah kejadian yang biasa terjadi setiap tahun karena periode akhir tahun bukanlah waktu dimana orang biasanya makan durian. Selain liburan sekolah, kegiatan akhir tahun lainnya mempengaruhi daya beli pelanggan. Misalnya mereka mungkin menabung bukan untuk Natal atau buku pelajaran baru dan seragam sekolah untuk anak-anak mereka.

Tak perlu menunggu lama karena beberapa vendor memproyeksikan bahwa harga dapat jatuh ke level $ 12 per kg dalam beberapa minggu mendatang.

Mr Goh Hwee Leng, pemilik Duiran MPire oleh 717 Trading mengharapkan harga rendah ini bertahan hingga Natal setidaknya. Ia juga mengatakan bahwa karena hujan deras baru-baru ini membuat kualitas durian agak menurun.

Sepi Peminat, Harga Durian Musang King di Singapura TurunFoto: Istimewa

Beberapa vendor juga mengalami surplus kecil terhadap pasokan durian yang telah berkontribusi pada harga yang lebih rendah. Mr Alvin Teoh, pemilik Durian36 mengatakan,"Pemasaok kami memiliki panen durian yang baik baru-baru ini. Harga diperkirakan turun menjadi sekitar $14 (Rp 206 ribu) atau $15 (Rp 220 ribu) per kg karena kelebihan pasokan.

Saat ini hanya durian Mao Shan Wang yang sedang musim. Varietas lain seperti D13 dan Red Prawn hanya akan tersedia di bagian akhir Desember dan mungkin juga harganya lebih rendah.

Baca juga: Gagal Terbang Gara-gara 3 Ton Duren dalam Pesawat, Begini Kisahnya! (lus/odi)