Laris Manis! Durian Rp 3.500 per Buah di Gerai Ini Diburu Sejak Pagi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 23 Jul 2018 13:48 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Malaysia - Musim durian membuat stok 'raja buah' ini begitu melimpah di Malaysia. Sampai-sampai satu buah durian dijual 1 RM alias sekitar Rp 3.500 saja!

Malaysia kini sedang dibanjiri durian dari musim durian yang tengah berlangsung, didukung cuaca sempurna untuk panen melimpah. Saking banyaknya pasokan durian, beberapa penjual durian pun rela membanting harga.

Mereka berprinsip lebih baik banyak durian laku terjual cepat meski harganya murah, dibanding harus membuang durian busuk nantinya jika tak laku-laku. Dalam wawancara bersama Bernama (21/7), penjual durian bernama Aizawati Abdul Latib mengatakan tak butuh waktu lama menunggu durian 1 RM (Rp 3.500) laku terjual.

Laris Manis! Durian Rp 3.500 per Buah di Gerai Ini Diburu Sejak PagiFoto: Istimewa

Penjual durian di Kulim ini mengatakan orang-orang rela antre dari pagi meski ia baru menjual durian jam 3 sore. Hasilnya, dalam 15 menit seluruh stok duriannya ludes terjual.

Baca Juga: Pemerintah Malaysia Penasaran Soal Durian sebagai Makanan Afrodisiak

Sementara itu, penjual durian lain di Butterworth menjelaskan musim ini adalah musim durian terpanjang di utara Malaysia. "Semua pedagang besar mengirim durian dua kali sehari. Kami sekarang putus asa menjual durian secepat mungkin karena kami berkomitmen memasok durian dari mereka setiap hari," ujar si penjual.

Selain turunnya harga durian biasa, musim durian juga membuat harga durian Musang King berefek sama. Durian istimewa berharga tinggi ini harganya RM 125 (Rp 445.700) per kg pada Maret tahun lalu. Harga ini turun menjadi RM 50 (Rp 178.200) dan kini sekitar RM 65 (Rp 231.000) per kg.

Laris Manis! Durian Rp 3.500 per Buah di Gerai Ini Diburu Sejak PagiFoto: Istimewa

Untuk menikmati aneka jenis durian enak, Anda bisa mampir ke beberapa perkebunan durian ternama di Malaysia. Ada Bao Sheng Durian Farm di Penang, Kulai Zhong Cheng Durian Plantation di Kulai dan Raub Durian Orchard di Malaysia.

Pilihan lainnya adalah penjual durian pinggir jalan di sekitar Kuala Lumpur. Lokasinya ada di Jalan Alor, salah satunya Phang Kee Durian Shop. Atau Sab Durian di Chow Kit Market dan SS2 Durian Station yang terkenal.

Di Indonesia sendiri durian Musang King bisa dicicip. Harganya sekarang juga relatif lebih murah. Supermarket Grand Lucky menjual satu buah durian Musang King sekitar Rp 285.500 per buah. Sementara di Total Buah Segar Fatmawati, tersedia Musang King beku dalam kemasan kotak 400 gram seharga Rp 337.500.

Beberapa supermarket buah seperti Raja Durian dan Total Buah Ampera tidak menyediakan durian legit creamy ini. Pegawai menginformasikan sudah lama tidak mendapat kiriman Musang King dari pusat.

Baca Juga: Pencinta Durian! Di Singapura Kamu Bisa Makan Durian Sepuasnya di 5 Tempat Ini



Tonton juga video: 'Musim Durian Tiba! Hmm Nyam-nyam'

[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)