Jatuh Cinta pada Durian, Blogger Amerika Ini Bikin Buku Panduan Durian

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 03 Jul 2018 10:10 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Penang - Orang Barat biasanya tak suka durian, tapi Lindsay Gasik berbeda. Saking doyannya durian, blogger Amerika ini sampai menulis buku panduan durian enak.

Kecintaan Lindsay Gasik akan durian ditekuni serius. Buktinya ia mempelajari durian sejak 2009. Dalam blognya, Year Of Ther Durian, Gasik mengaku pertama kali mencium aroma durian di perkebunan Oregon, Amerika Serikat.

Penasaran dengan buah ini, sejak saat itu ia jadi 'pemburu' durian. Bersama suaminya, Gasik mencanangkan petualangan durian pada Januari 2012. Tujuannya makan durian sebanyak mungkin ketika mengunjungi sebanyak mungkin negara selama setahun.

Jatuh Cinta pada Durian, Blogger Amerika Ini Bikin Buku Panduan DurianFoto: Istimewa

Baca Juga: Ini Alasan Buah Durian Tak Boleh Dibawa Masuk ke Transportasi Umum!

Mereka lalu melakukan perjalanan melalui 9 negara untuk belajar lebih banyak soal durian berikut orang-orang yang menananmnya. "Sepanjang perjalanan, saya datang untuk menghargai keragaman cita rasa durian yang bergantung dari asal dan bagaimana durian itu ditanam. Saya menjadi seorang foodie durian," kata Gasik seperti dikutip dalam Says (2/7).

Dari menulis blog durian untuk bersenang-senang saja, ternyata Gasik menemukan banyak teman. "Pencinta durian lain menulis pada kami untuk mencari tahu bagaimana bergabung dalam perjalanan petualangan durian di Asia Tenggara," lanjut Gasik.

Jatuh Cinta pada Durian, Blogger Amerika Ini Bikin Buku Panduan DurianFoto: Istimewa

Setelah bertahun-tahun merekomendasikan pencinta durian via blog, Gasik akhirnya meluncurkan buku tahun ini. Nama bukunya 'The Durian Tourist's Guide To Penang.' Buku ini berisi panduan mencicip 25 jenis durian Penang.

Termasuk juga informasi perkebunan durian dan gerai yang patut dikunjungi. Informasi lainnya mencakup cerita tempat durian tersebut dan orang-orang dibaliknya.

"Misi The Penang Durian Guide adalah untuk mengubah Anda menjadi penikmat durian. Seorang penikmat peduli tentang keseluruhan cerita durian. Rasa adalah cerita tentang tempat dan orang serta sejarahnya," pungkas Gasik yang sudah 7 tahun terakhir tinggal di Penang.

Baca Juga: Lihat 10 Meme Durian Ini Bikin Pengen Makan Durian Sambil Senyum Sendiri (adr/odi)