Ragam Bakso Enak

Selain Daging Sapi, Udang dan Ayam Juga Enak Dibuat Jadi Bakso

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 13 Nov 2018 15:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Ragam Bakso Enak
Jakarta - Bakso tak selalu dibuat dengan daging sapi. Agar lebih murah, bakso juga bisa dibuat dari campuran ikan hingga ayam. Mana yang Anda suka?

Di Indonesia bakso menjadi makanan yang banyak digemari. Umumnya bakso dibuat dengan campuran daging sapi dan tepung tapioka. Akan tetapi seiring berkembangnya jenis bakso, banyak orang yang membuatnya dengan campuran ikan hingga ayam.

Berikut ini beberapa jenis bahan daging yang sering dijadikan sebagai campuran bakso.

Baca juga: Ini Keunikan Racikan Bakso Indonesia

1. Ayam

Selain Daging Sapi, Udang dan Ayam Juga Enak Dibuat Jadi BaksoFoto: iStock

Daging ayam bisa jadi alternatif pengganti daging sapi yang harganya murah tetapi rasanya tetap enak. Untuk mengolah bakso ayam, sebaiknya pilih daging ayam fillet bagian dada atau paha ayam yang dihaluskan dengan food processor dan dicampurkan dengan tepung serta bumbu.

Tampilan bakso ayam ini berbeda dengan bakso sapi. Bakso ayam memiliki warna putih yang pucat dengan tekstur serat yang lebih halus. Kalau tertarik membuat bakso ayam sendiri di rumah, detikFood punya resepnya.

2. Udang

Selain Daging Sapi, Udang dan Ayam Juga Enak Dibuat Jadi BaksoFoto: iStock

Pecinta seafood? Anda bisa mencicip bakso udang. Udang yang memiliki rasa gurih dan manis ini dihaluskan dan dicampurkan ke dalam tepung. Bakso udang biasanya diolah menjadi campuran sup ala China. Bakso udang yang sudah direbus juga memiliki warna putih dengan semburat sedikit merah dengan tekstur yang halus.

Bakso udang makin enak disajikan dengan kuah kaldu yang gurih. Selain bisa direbus, bakso udang juga enak diolah dengan cara digoreng. Untuk resep bakso udang, Anda bisa cek resepnya di sini.

3. Ikan

Selain Daging Sapi, Udang dan Ayam Juga Enak Dibuat Jadi BaksoFoto: iStock

Sangat berbeda dengan bakso sapi, bakso ikan memiliki warna putih, tidak berserat dan warna yang cenderung mengkiklap. Bakso ikan umumnya diracik dengan campuran ikan tenggiri, kakap atau kerapu. Agar aroma amisnya hilang, racikan bakso juga dipadu dengan bawang putih, garam, merica dan campuran tepung kanji.

Bakso ikan ini banyak ditemui di daerah Sumatera Selatan. Kuahnya yang bening dengan rasa gurih semakin enak disantap dengan tambahan mi dan sambal.

4. Sayuran

Selain Daging Sapi, Udang dan Ayam Juga Enak Dibuat Jadi BaksoFoto: iStock

Bagi yang tidak suka daging, ada juga bakso sayuran. Bakso ini biasanya dibuat untuk penganut pola makan vegetarian. Biasanya bakso dibuat dengan campuran wortel, bayam dan jagung yang dihaluskan. Selain itu, bakso sayuran juga sering ditambahkan dengan kedelai, tahu atau edamame agar teksturnya lebih padat.

5. Cumi

Selain Daging Sapi, Udang dan Ayam Juga Enak Dibuat Jadi BaksoFoto: iStock

Pernah mencoba bakso cumi? Bakso ini memiliki rasa yang hampir mirip dengan bakso ikan. Untuk membuatnya cumi dibersihkan dan dicincang kemudian dicampur dengan tepung dan bumbu seperti bawang putih, merica dan garam. Teksturnya kenyal dengan warna putih membuat sajian bakso ini sering dijadikan sebagai campuran pelengkap steamboat hingga shabu-shabu.

Baca juga: Berasal dari Dinasti Ming, Kini Bakso Jadi Hidangan Populer di Indonesia (lus/odi)
FOKUS BERITA Ragam Bakso Enak