Buku Resep Selebgram Ini Ditarik dari Peredaran Karena Dianggap Berbahaya

Sonia Basoni - detikFood Senin, 13 Agu 2018 14:55 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Salah seorang Selebgram terkenal dikritik habis-habisan. Karena menerbitkan buku resep berisi bahan, dan makanan yang dianggap berbahaya untuk dikonsumsi.

Berkembangnya media sosial Instagram membuat banyak orang berlomba-lomba untuk menunjukkan kreativitas mereka. Seorang Selebgram bahkan menciptakan buku resep yang dinilai berbahaya, sehingga bukunya harus ditarik dari peredaran.

Baca Juga: Buku Masak Ini Hadirkan Resep Enak Khusus Pasien Kemoterapi

Dilansir Fox News (08/11), Johnna Holmgren merupakan seorang Selebgram sekaligus penulis buku resep dari 'Tales From a Forager's Kitchen'. Buku resep tersebut menciptakan perdebatan dan kritik, setelah beberapa resep makanan di dalamnya terbukti berbahaya.
Buku Resep Selebgram Ini Ditarik dari Peredaran Karena Dianggap BerbahayaFoto: Istimewa
Ini karena buku resep menggunakan bahan-bahan mentah dari hutan, yang menurut beberapa ulasan pembeli di situs online Amazon tidak aman untuk dikonsumsi. Buku ini pertama kali diterbitkan pada tanggal 15 Mei lalu.

Johnna sendiri terkenal melalui akun Instagramnya bernama @Foxmeetsbear yang memiliki lebih dari 130.000 pengikut. Ibu dari tiga anak ini, tinggal di dalam hutan yang berada di Minnesota, Amerika. Ia menggunakan tumbuhan yang berada di hutan untuk memasak dengan anak-anaknya.

Banyak resep makanan yang dianggap tidak aman dikonsumsi. Seperti resep 'Dark Chocolate Dipped Fungi', yang memberikan instruksi kepada pembaca untuk hanya membilas jamur jenis morel sebelum mencelupkannya ke dalam cokelat.
Buku Resep Selebgram Ini Ditarik dari Peredaran Karena Dianggap BerbahayaFoto: Istimewa
Hal ini dianggap membahayakan, karena Departemen Kesehatan Masyarakat Michigan memperingatkan bahwa mengonsumsi makanan mentah, dapat menyebabkan mual, muntah, hingga sakit perut. Selain jamur morel, Johnna juga menggunakan biji-bijian dari hutan serta buah elderberry, yang dapat memicu masalah kesehatan pencernaan dan lainnya.

"Penerbit Rodale Books dan Johnna Holmgren menanggapi kekhawatiran pembaca buku dengan serius, terutama di bagian memasak menggunakan bahan-bahan mentah seperti jamur dan elderberry. Mengingat tinjauan tentang masalah ini, dan karena keperdulian kami untuk kesehatan. Rodale Books dan Johnna telah memutuskan untuk menarik dan menghentikan publikasi dari buku resep ini," tulis pernyataan dari pihak penerbit.
Buku Resep Selebgram Ini Ditarik dari Peredaran Karena Dianggap BerbahayaFoto: Istimewa
Selain menghentikan publikasi dari buku resep ini, pihak penerbit juga meminta semua toko buku untuk mengembalikan stok buku resep ini. Serta menawarkan pengembalian dana penuh kepada konsumen yang telah membeli buku tersebut.

Johnna sendiri sebenarnya selalu menaruh peringatan di setiap resepnya. "Beberapa tanaman liar bisa saja beracun atau menimbulkan efek samping terhadap kesehatan. Saya bukan dokter atau ahli gizi, tapi semuanya kembali kepada pembaca untuk meneliti dan mengecek kembali keamanan semua bahan makanan yang ada di resep ini," tulisnya.

Baca Juga: Keren! Lembaran Buku Resep ini Bisa Langsung Dimasak! (sob/odi)