Buku Masak Ini Hadirkan Resep Enak Khusus Pasien Kemoterapi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 28 Jul 2018 09:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pasien kemoterapi mengalami penurunan fungsi indera pengecap. Karenanya buku resep ini dibuat khusus untuk menyesuaikan selera lidah mereka.

Bukan rahasia jika para pasien kanker yang jalani kemoterapi mengalami penurunan fungsi indera pengecap. Rasa makanan yang mereka cicip jadi kurang kuat dan bahkan hambar. Hal ini terkait efek samping kemoterapi yang dirancang untuk 'membunuh' pertumbuhan beberapa sel yang cepat.

"Beberapa orang menderita akibat indera pengecapnya tak berfungsi maksimal, menghasilkan rasa mirip besi di mulut atau perubahan rasa yang tak biasa. Pada orang lain, kemampuan merasa bahkan benar-benar hilang," ujar Michelle Abbess kepada Foodbeast (26/7). Ia adalah pendiri dan Direktur Eksekutif Chemo Kitchen.
Buku Masak Ini Hadirkan Resep Enak Khusus Pasien KemoterapiFoto: Istimewa
Baca Juga: Keren! Lembaran Buku Resep ini Bisa Langsung Dimasak!

Untuk membantu para pasien kemoterapi melalui hal buruk ini, Abbess bersama timnya mengembangkan buku resep khusus. Proyek bernama Chemo Kitchen ini sudah mencapai 75% target pendanaan yang diharapkan di situs Kickstarter.

Inspirasi Chemo Kitchen sendiri datang dari pendiri lainnya, Cal McAlister. Ibu McAlister menganggap rasa makanan favoritnya jadi benar-benar tidak enak selama ia jalani proses kemoterapi, cerita Abbess. Ia dan tim lalu mengkurasi beberapa chef untuk membantu mereka mengembangkan resep yang cocok bagi pasien kemoterapi.

Mereka berusaha membuat proses masak jadi lebih menyenangkan dan menarik secara visual. Aspek penting lainnya, resep ini membuat masakan penuh aroma yang mampu membangkitkan selera makan.

Beberapa resep tersebut adalah salad, sup, camilan dan hidangan utama yang disesuaikan komposisi bahannya dengan perubahan indera pengecap. Tim Chemo Kitchen sudah menguji coba resep di dapur mereka dan sejauh ini ulasannya mengesasnkan.
Buku Masak Ini Hadirkan Resep Enak Khusus Pasien KemoterapiFoto: Istimewa
Soal pendanaan, Abbess menargetkan pencapaian USD 40.000 (Rp 575 juta) pada 27 Juli 2018. Jika dana ini terkumpul, ia dan tim bisa menerbitkan buku resep ini. Rencananya buku resep akan didistribusikan pada Desember 2018.

"Jika kehilangan selera makan jadi masalah, jadilah kreatif. Camilan bergizi seimbang bisa menggantikan makanan utama. Atau coba salah satu dari 4 resep kami yang dirancang dibekukan dalam jumlah kecil. Fokus pada kalori dan protein untuk energi karena tubuh membutuhkannya saat proses kemoterapi," tulis tim Chemo Kitchen.

Menurut mereka asupan makanan bergizi penting untuk membantu sistem imun pasien kemoterapi tetap terjaga. "Indera pengecap berubah tiap dua minggu sekali jadi rasa makanan Anda akan terus berubah," pungkas tim Chemo Kitchen.

Baca Juga: Lewat Instagram, Chrissy Teigen Bocorkan Resep Masakan dalam Buku Keduanya (dvs/dvs)