Rekomendasi Tempat Makan

Mampir ke Klaten? Ayam Panggang dan Soto Bebek di Sini Wajib Dicicip!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 17 Jun 2018 12:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Klaten - Klaten punya banyak kuliner enak. Kalau mudik kali ini mampir ke Klaten, jangan lewatkan ayam panggang hingga soto bebek nikmat!

Kabupaten di Jawa Tengah, Klaten, tak hanya dikenal dengan kuliner ayam panggangnya saja. Masih ada beberapa hidangan khas Klaten yang sayang dilewatkan. Nah, 5 tempat makan berikut bisa jadi tujuan jika Anda mampir ke Klaten.

1. Rumah Makan Bu Mayar Cawas
Mampir ke Klaten? Ayam Panggang dan Soto Bebek di Sini Wajib Dicicip!Foto: Istimewa
Foto: dok. detikFood
Meski sederhana, rumah makan ini selalu disebut orang jika ada di Klaten. Sudah lebih dari 30 tahun Bu Mayar menawarkan ayam goreng ungkep bumbu kemiri khas Jawa. Ayam goreng kampung yang empuk gurih dibalut tepung tipis lalu disajikan hangat-hangat bersama trancam. Menu lainnya ada pecel lele, nasi gudeg, nasi rames, aneka oseng-oseng, sambal goreng krecek dan banyak lainnya.

Rumah Makan Bu Mayar Cawas
Jalan Klaten - Solo Km.4, Mlese
Telepon: (0272) 332094

Baca Juga: RM Bu Mayar Cawas: Ayam Goreng Renyah Disanding Trancam Segar Gurih

2. Ayam Panggang Ny Anggriani
Mampir ke Klaten? Ayam Panggang dan Soto Bebek di Sini Wajib Dicicip!Foto: Istimewa
Ilustrasi: dok. detikFood
Masih olahan ayam, ada ayam panggang yang wajib dicicip di Klaten. Salah satu penjual ternamanya adalah Ny. Anggriani. Di sini tersedia ayam bakar komplet seperti panggang utuh, mentok, gending, rempelo, ati, kepala dan usus. Ayam bakar khas Jawa Tengah ini dibuat dari ayam kampung muda, santan, gula merah dan rempah-rempah. Setelah direbus bersama santan, barulah ayam dibakar di atas bara api. Rasanya yang gurih manis makin enak dicocol sambal.

Ayam Panggang Ny Anggriani
Jl. Rajawali, Gang Beruang No. 5
Telepon: (0272) 323307

3. Nasi Tumpang Lethok Mbak Riyanti
Mampir ke Klaten? Ayam Panggang dan Soto Bebek di Sini Wajib Dicicip!Foto: Istimewa
Foto: Istimewa/Pariwisata Klaten
Klaten punya racikan nasi komplet bernama nasi tumpang lethok. Berupa nasi putih isi sayuran dan telur rebus yang disiram kuah sambal. Uniknya, kuah sambal diracik dari campuran tempe, cabai, santan dan bumbu lainnya. Di Mbak Riyanti, nasi tumpang lethok istimewa jadi andalan. Nasi diberi lauk koyor (suwiran daging sapi), telur rebus, krecek dan kurapan gudangan daun kates (daun pepaya), bayam, nangka muda serta daun jeruk. Menu lainnya ada ayam bakar/goreng, nasi sambal welut, nila bakar/goreng dan tahu bacem.

Nasi Tumpang Lethok Mbak Riyanti
Jl. Mayor Kusmanto, Tegaltalang
Telepon: 0813-2959-0975

4. Miroso
Mampir ke Klaten? Ayam Panggang dan Soto Bebek di Sini Wajib Dicicip!Foto: Istimewa
Foto: Istimewa/Kuliner Klaten
Tak jauh dari alun-alun Klaten, ada Miroso yang juga jadi buruan pencinta kuliner saat ke Klaten. Rumah makan ini tawarkan aneka menu Chinese food seperti capcay, bihun, kwetiaw, mie ayam, bakso dan nasi goreng. Ada juga ayam goreng mentega dan bakmi godog yang sayang dilewatkan.

Miroso
Jl. Pemuda No.125, Ngepos
Telepon: 085725477546

5. Bu Siswo
Mampir ke Klaten? Ayam Panggang dan Soto Bebek di Sini Wajib Dicicip!Foto: Istimewa
Foto: Istimewa/kampoengilmu
Kalau yang satu ini khusus pencinta bebek. Rumah makan Bu Siswo yang sudah ada sejak 1953 menawarkan bebek bacem sebagai menu andalan. Bisa pilih bacem goreng atau bakar. Kabarnya Bu Siswo lah yang memperkenalkan olahan bebek bacem pertama kali di Klaten. Selain bebek bacem, ada soto bebek yang wajib dicicip. Kuah soto bening yang gurih segar berisi potongan daging bebek, kubis, tauge, daun seledri dan taburan bawang goreng. Slurpp!

Bu Siswo
Jl. Raya Solo - Yogyakarta, Karang Asem, Plawikan

Baca Juga: Wah, Sedapnya Ayam Bakar Klaten dan Jadah Bakar dari Boyolali (adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
Newsfeed