Hidangan Lebaran

Katupe Hingga Dendeng Balado Jadi Menu Istimewa Orang Minang Saat Lebaran

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 12 Jun 2018 14:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Hidangan Lebaran
Jakarta - Makanan khas Minang jadi sajian spesial di hari Lebaran.. Ketupe makin enak disantap dengan gulai paku, rendang hingga dendeng balado. Mantap!

Kalau biasanya Lebaran identik dengan katupe, rendang dan gulai. Namun, ternyata ada beberapa menu khas Minang yang patut dicoba sebagai hidangan Lebaran. Ada gulai tunjang hingga dendeng balado.

Semuanya diracik dalam satu piring. Dan dinikmati dengan kerupuk serta ketupat yang empuk. Ini 5 sajian makanan orang Minang yang tak pernah absen saat Lebaran.

1. Katupe

Katupe Hingga Dendeng Balado Jadi Menu Istimewa Orang Minang Saat LebaranFoto: iStock

Ketupat yang empuk dengan kuah gulai yang gurih enak disantap hangat-hangat. Agar semakin enak, katupek komplet biasanya dinikmati bersama dengan gulai paku. Gulai ini diracik dengan tanaman pakis muda yang dimasak dengan santan gurih. Tentu dengan sensasi rasa rempah enak yang terdiri dari bumbu halus, daun kunyit, daun jeruk, cabai, lengkuas dan asam kandis.

Gulai pakis makin enak disantap dengan telur rebus. Kuahnya yang kental disiram di atas potongan ketupat. Paling cocok disantap dengan kerupuk merah muda khas Minang.

Gaya katupek dengan gulai paku ini biasanya berasal dari daerah Pariaman. Sicincin, desa diantara Padang dan Bukit Tinggi terkenal dengan sajian katupek gulai paku.

2. Gulai ayam

Katupe Hingga Dendeng Balado Jadi Menu Istimewa Orang Minang Saat LebaranFoto: iStock

Siapa yang suka gulai? Ayam jadi campuran sajian gulai yang nikmat. Masakan ini tentunya jadi makanan andalan dan wajib saat Lebaran. Warna kuahnya oranye kemerahan dengan perpaduan rempah yang sedap. Ditambahkan dengan santan, potongan daging ayam dimasak sampai empuk. Tentunya makin enak jadi campuran katupek atau ketupat saja.

3. Gulai tunjang

Katupe Hingga Dendeng Balado Jadi Menu Istimewa Orang Minang Saat LebaranFoto: iStock

Lamak bana! Gulai dengan campuran potongan tunjang yang kenyal cocok dipadu dengan ketupat. Kuahnya yang bersantan dipadu dengan bumbu yang agak pedas dan berempah memang cocok jadi campuran katupek juga.

Campuran bumbunya ada kunyit, lengkuas, kemiri, asam kandis, serai hingga daun jeruk. Dinikmati hangat-hangat, gulai tunjang yang gurih kenyal ini bisa lho jadi sajian spesial juga di rumah Anda.

4. Rendang

Katupe Hingga Dendeng Balado Jadi Menu Istimewa Orang Minang Saat LebaranFoto: dok. detikFood

Nah kalo masakan yang satu ini sudah pasti tak akan dilewatkan sebagai sajian Lebaran. Daging sapi yang dimasak hingga 7 jam menghasilkan rasa yang gurih. Potongan daging yang dicampur dengan racikan bumbu khas Minang dengan tambahan santan gurih. Tak hanya daging sapi, rendang juga bisa dibuat dengan campuran ayam, paru, kentang, telur, hingga bebek.

Agar aromanya semakin sedap, banyak juga pedagang rendang yang memasaknya dengan kayu bakar. Rendang tidak berkuah, sehingga cocok dipadu dengan ketupat plus siraman gulai pakis yang cocok dicampur jadi satu.

Baca juga: Lamak Bana Rendang dari Ranah Minang yang Diakui Dunia

5. Dendeng balado

Katupe Hingga Dendeng Balado Jadi Menu Istimewa Orang Minang Saat LebaranFoto: iStock

Tekstur daging tipis ini renyah. Makin enak dipadu bersama dengan ulekan sambal merah yang nikmat. Dendeng balado umumnya dicampur dengan sambal merah. Tidak hanya enak dipadu dengan nasi putih, tapi juga campuran katupek atau gulai. Pokoknya semakin dicampur, rasanya semakin nikmat!

Baca juga: Lamak Nian! Dendeng Baraciak dan Dendeng Lambok Khas Minang (lus/odi)
FOKUS BERITA Hidangan Lebaran