Sedap Banget! 5 Olahan Ikan Asin Ini Bikin Buka Puasa dan Sahur Jadi Mantap

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 23 Mei 2018 08:55 WIB
Foto: detikcom
Jakarta - Ikan asin paling enak diolah dengan cabe. Kalau daging dan ayam mahal, 5 olahan ikan asin ini dijamin bikin buka puasa dan sahur memuaskan.

Ikan asin besar berdaging tebal dan ikan asin kecil sama-sama enak gurih rasanya. Paling cocok diolah dengan paduan bumbu cabe atau rempah yang pedas menyengat. Disantap dengan nasi hangat, tak ada duanya.

Jika Anda ingin menambah semangat keluarga saat santap sahur atau berbuka, cobalah buat sendiri masakan ikan asin ini. Asal memakai ikan asin yang segar dan bagus kualitasnya, dijamin enak memuaskan. Bikin yuk!

Baca Juga : Memilih Ikan Asin

Sedap Banget! 5 Olahan Ikan Asin Ini Bikin Buka Puasa dan Sahur Jadi Mantap Foto: detikfood


1.Orak-arik peda petai
Ikan peda yang gurihnya kuat, enak dipadukan dengan petai dan cabe yang pedas menyengat. Tambahan telur bikin rasanya jadi gurih enak. Cukup dinikmati dengan nasi hangat. Coba cek langkah pembuatannya di sini !

2. Ikan asin bumbu hijau
Ikan asin kapas yang renyah garing paling cocok dipadukan dengan cabe hijau yang diulek kasar. Beri sedikit kucuran air jeruk limau jika ingin rasa lebih segar. Cara membuatnya juga mudah, ikuti resep ini.

Sedap Banget! 5 Olahan Ikan Asin Ini Bikin Buka Puasa dan Sahur Jadi Mantap Foto: detikFood
3. Ikan sepat kecombrang
Meskipun kecil tipis, ikan sepat asin rasanya gurih renyah. Apalagi jika dipadukan dengan bumbu cabe dengan tambahan kecombrang yang asam segar. Untuk bahan dan cara membuatnya, ikuti petunjuk resep ini.

Sedap Banget! 5 Olahan Ikan Asin Ini Bikin Buka Puasa dan Sahur Jadi Mantap Foto: Detikfood

5. Ikan asin sambal rawit
Ikan asin yang gurih renyah bisa dipadukan dengan cabe rawit merah atau hijau untuk rasa yang lebih menggigit. Jenis ikan asin kecil paling cocok diolah dnegan bumbu ini. Cukup sediakan nasi hangat, santapan buka dan sahur pasti memuaskan. Racik bumbunya dengan resep ini.
4. Oseng cumi cabe hijau
Cumi asin yang mungil enak diolah dengan cabe hijau. Cukup rebus cumi kecil ini hingga empuk gurih. Cabe hijau yang renyah pedas jadi paduan yang pas. Ikuti resep ini untuk membuatnya. https://food.detik.com/resep-pembaca/u-2100/resep-seafood-oseng-cumi-asin-cabai-hijau (odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com