Begini Ceritanya Popcorn Bisa Jadi Camilan Wajib di Bioskop Seluruh Dunia

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 02 Mei 2018 11:30 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Rasa gurih renyah popcorn identik sebagai camilan nonton bioskop di dunia. Ternyata popcorn memiliki sejarah panjang sebelum populer seperti sekarang.

Popcorn terbuat dari biji jagung yang dipanggang hingga mengembang dan dibalut mentega gurih dengan aroma harum. Popcorn merupakan camilan wajib yang ada di setiap bioskop untuk menemani orang menonton film.

Baca Juga: Kepribadian Terlihat dari Cara Seseorang Makan Popcorn
Begini Ceritanya Popcorn Bisa Jadi Camilan Wajib di Bioskop Seluruh DuniaFoto: Getty Images
Dilansir World of Buzz (28/04), popcorn awalnya dikenalkan pada pertengahan tahun 1800-an di acara karnaval dan festival. Saat itu biji jagung kukus juga banyak dijual di jalanan pada tahun 1885 karena mudah dibuat.

Namun, popcorn sendiri baru mulai populer di tahun 1890 ketika seorang pengusaha asal Chicago, Amerika, yaitu Charle Cretors membuat mesin pembuat popcorn pertama.

Pada era itu, bioskop atau teater tidak ingin memasukkan popcorn ke dalam menu camilan di sana, karena suaranya yang berisik dan dianggap sebagai makanan murah. Sementara di era 1800-an, umumnya pengunjung teater adalah dari kalangan berkelas, sehingga popcorn sempat ditolak.
Begini Ceritanya Popcorn Bisa Jadi Camilan Wajib di Bioskop Seluruh DuniaFoto: iStock
Masuknya popcorn ke dalam teater atau bioskop dimulai pada saat masa 'Great Depression' yaitu lemahnya pertumbuhan ekonomi di Amerika tahun 1930. Saat itu banyak orang harus menghemat uang, dan memilih hiburan murah seperti menonton film untuk mengalihkan pikiran dari Great Depression.

Awalnya, popcorn hanya dijual di depan gedung teater dan bioskop, harganya yang sangat murah membuat popularitas popcorn sebagai camilan untuk menonton film semakin terkenal, dan penjualannya terus meningkat.

Setelah melihat fenomena ini, barulah pemilik bioskop tertarik untuk memakai mesin pembuat popcorn dan mulai menjual popcorn. Dampaknya, banyak pihak bioskop dan teater yang melarang penjual popcorn berada di sekitar gedung bioskop.
Begini Ceritanya Popcorn Bisa Jadi Camilan Wajib di Bioskop Seluruh DuniaFoto: Istimewa
Untuk mendukung penjualan popcorn, beberapa bioskop bahkan menurunkan harga tiket film agar para pengunjung dapat membeli popcorn. Masa Great Depression inilah yang membuat popcorn menjadi terkenal, dan menjadi camilan wajib di setiap bioskop.

Sejak saat itu tren popcorn terus berkembang, tidak hanya di Amerika saja tapi di seluruh bioskop di dunia. Sayangnya, harga popcorn tidak lagi semurah dulu. Harga popcorn dan tiket film, telah naik ratusan kali lipat, sehingga kini popcorn di bioskop sudah tidak menjadi camilan murah.

Namun, gurihnya popcorn masih menjadi pilihan utama bagi sebagian besar orang ketika pergi ke bioskop.Apalagi kini ada banyak varian rasa popcorn, tak hanya mentega saja.

Baca Juga: Mengapa Popcorn di Bioskop Lebih Enak daripada Buatan Sendiri? (sob/odi)