Mengapa Popcorn di Bioskop Lebih Enak daripada Buatan Sendiri?

Annisa Trimirasti - detikFood Jumat, 21 Apr 2017 08:06 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Popcorn beraroma mentega identik dengan bioskop. Tapi mengapa popcorn bisokop aromanya wangi dan rasanya renyah?

Jika Anda suka menikmati popcorn di bioskop, tentu merasakan perbedaan rasanya dengan popcorn yang dibuat di rumah. Spoon University (19/4/17) mengungkapkan rahasianya.

Mengapa Popcorn di Bioskop Lebih Enak daripada Buatan Sendiri?Foto: Getty Images

Pertama dan yang paling penting, adalah minyak. Tiap bioskop membuat sajian popcornnya sedikit berbeda. Namun minyak yang digunakan sangat berpengaruh. Beberapa bioskop menggunakan minyak canola, yang punya rasa lembut dan bersih. Sedang yang lain menggunakan kombinasi minyak canola dan minyak kelapa untuk rasa unik. Atau memasak biji jagung dengan campuran minyak, garam dan mentega.

Biji jagung yang digunakan sebenarnya sama dengan yang ada di supermarket. Tetapi umumnya bioskop menggunakan trik dalam mentega. Sebagian besar bioskop tidak menggunakan real butter atau mentega asli. Tetapi hanya minyak rasa mentega. Kadar air yang rendah dalam minyak tersebut membuat popcorn garing tidak mudah melempem.

Bioskop juga tidak membutuhkan label informasi gizi di produk mereka, jadi memungkinkan produk lebih banyak mengandung minyak atau garam. Dibandingkan popcorn kemasan siap saji di supermarket.

Alasan lain yang membuat popcorn bioksop enak cukup unik, yaitu karena Anda memakannya di bioksop. Bau dan rasa popcorn saat nonton di bioskop seperti membuat Anda terbawa nostalgia, membangkitkan kenangan akan masa kecil atau kencan pertama.

Mengapa Popcorn di Bioskop Lebih Enak daripada Buatan Sendiri?Foto: iStock

Fenomena tersebut bahkan didukung secara ilmiah. Peneliti ilmu psikologi di University of Southern California dan University of Cornell menemukan bahwa cahaya redup dan trailer film mendorong orang untuk makan popcorn, bahkan saat popcorn tersebut melempem atau tidak enak. Rahasia terakhir sulit Anda ciptakan kembali di rumah karena merupakan faktor psikologis.

Membuat topping mentega untuk popcorn bisa dilakukan sendiri. Lelehkan butter dalam microwave, angkat buih putih di permukaannya hingga tersisa cairan bening. Jadikan endapan cairan sebagai baluran popcorn. Acara nonton film di rumahpun jadi jauh lebih seru dengan popcorn renyah dan wangi. (odi/odi)