Minta Taburan Keju pada Makanan, Wanita Ini Diharuskan Bayar Biaya Ekstra oleh Restoran

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 27 Apr 2018 11:00 WIB
Foto: Istimewa
London - Seorang wanita asal London Timur terkejut. Ketika ia dikenakan biaya tambahan karena meminta keju parut di atas makanan pesanannya.

Kejadian ini berlangsung di sebuah restoran di wilayah London Timur, Inggris. Rosie French merupakan seorang penulis, sekaligus dari direktur sebuah perusahaan bisnis makanan dan jasa katering.

Baca Juga: Tak Pesan Hidangan Utama, Tamu Dikenai Biaya di Restoran Ini

Dia baru-baru ini berkunjung ke Ombra, sebuah bar dan restoran yang bergaya Venesia. Rosie memutuskan untuk meminta taburan keju parmesan di atas hidangan pasta tagliatelle pesanannya.

Minta Taburan Keju pada Makanan, Wanita Ini Diharuskan Bayar Biaya Ekstra oleh RestoranFoto: Istimewa

Namun, dia sama sekali tidak menyadari bahwa restoran tersebut akan menambahkan biaya ekstra untuk pesanan kejunya tersebut.

Rosie membagikan foto bon tagihan nya ke akun Twitternya, yang menunjukan biaya tambahan untuk keju parmesan seharga £ 1,50 atau sekitar Rp. 30.000,-.

"Biaya tambahan atas keju ini, tidak mereka beritahukan saat mereka memarut keju parmesan itu dengan perlahan di atas makanan kami," tulis Rosie di akun Twitternya dilansir dari Independent (26/04).

"Kami akan tetap membiarkan staf tersebut menaburkan keju parut, jika saja mereka memberi tahu tentang biaya tambahan ini," sambung Rosie, yang mendapatkan tanggapan beragam dari orang-orang, termasuk seorang penulis makanan, Jay Rayner.

Minta Taburan Keju pada Makanan, Wanita Ini Diharuskan Bayar Biaya Ekstra oleh RestoranFoto: Istimewa

"Astaga apa-apaan ini?," ungkap Jay Rayner.

"Astaga, saya belum pernah melihat atau mendengar tentang keju parut yang dikenai biaya tambahan," komentar seorang netizen.

Setelah postingan ini viral, banyak orang yang juga mengungkapkan hal yang sama. Restoran tersebut memang sering menambahkan biaya tak terduga tanpa sepengetahuan pengunjung.

Bahkan, restoran ini menambahkan biaya layanan sekitar 12.5% pada setiap tagihan diluar tip untuk pelayan sehingga biaya yang dikeluarkan lebih banyak lagi.

"Restoran ini memiliki biaya untuk layanan dan antrean hanya untuk membeli kue. Restoran yang licik," tulis seseorang di kolom komentar.

Minta Taburan Keju pada Makanan, Wanita Ini Diharuskan Bayar Biaya Ekstra oleh RestoranFoto: Istimewa

Jay juga meminta 212.000 pengikutnya di Twitter, untuk menceritakan pengalaman seperti ini di restoran lain yang mendapatkan banyak respon dan pengalaman serupa.

Banyak orang yang menjelaskan bahwa mereka sering dikenakan biaya tambahan di restoran. Untuk berbagai macam taburan, bumbu, temasuk bubuk cabai pada pizza, saus tomat, dan merica untuk makanan lainnya.

Baca Juga: Tak Habiskan Makanan, Resto Swiss Ini Kenai Biaya Tambahan pada Pelanggan

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com