Jual Rak Minuman Khusus Toilet, Mahasiswa Ini Raup Miliaran Rupiah

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 14 Mar 2018 18:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Ide sederhana ternyata bisa menghasilkan pendapatannya. Mahasiswa asal Amerika ini mendapatkan inspirasi dan akhirnya membuahkan hasil hingga miliaran rupiah!

Di tahun 2008, mahasiswa yang berkuliah di Villanova yaitu Matt Williams mendapatkan ide yang sangat menarik. Ide ini bukan sengaja ia cari, melainkan ketidaksengajaan yang berujung pada bisnis pertamanya.

Produk yang dijual oleh Matt ini sederhana. Namanya, The Lavcup yang merupakan rak kecil yang dipasang khusus di toilet. Rak ini difungsikan untuk menaruh minuman yang dibawa ketika sedang buang air kecil.

"Saya meletakkan bir saya di atas urinal (pispot). Namun setelah saya pikir ini terlihat menjijikan, tapi setelah itu saya tetap meminumnya," tutur Matt Williams kepada CNBC (31/01).

Jual Rak Minuman Khusus Toilet, Mahasiswa Ini Raup Miliaran RupiahBegini tampilan rak minuman khusus toilet yang dibuat oleh Matt Williams. Foto: Istimewa

Ternyata bukan hanya Matt, beberapa laki-laki yang masuk ke toilet juga mencoba menaruh birnya di atas urinal atau di saku baju. Bahkan ada juga yang memegangnya dengan gigi. "Ketika saya keluar dan saya lihat antrean di toilet. Semua orang membawa bir dan beberapa wanita membawa dompet masuk," pungkasnya.

Baca juga: Mahasiswa Ini Berhasil Ciptakan Telur Ayam Rebus Vegan

Beberapa bulan berikutnya, gagasan itu akhirnya ingin ia realisasikan. Tak hanya berfungsi untuk menarik minuman atau benda, produk buatannya juga menyediakan ruang kosong yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat beriklan.

Produk LavCup pertama kali dipasarkan pada tahun 2013. Ia mengumpulkan uang dengan menghabiskan tabungan hingga meminjam kepada ayahnya dan dua investor. Uang tersebut digunakan untuk menyewa sebuah perusahaan teknik yang mengembangkan prototip untuk rak birnya. Dengan memberi tagline LavCup dengan tulisan "Karena Anda tidak bisa menahannya."

Jual Rak Minuman Khusus Toilet, Mahasiswa Ini Raup Miliaran RupiahRak minuman ini yang bisa ditaruh minuman saat Anda buang air kecil di toilet. Foto: Istimewa

Ia mulai menjajakan produk ke beberapa pemilik stadion olahraga. Agar rak minuman ini bisa dipasang pada setiap toilet stadion yang tersebar di Amerika Serikat. Meskipun sulit, namun Matt dipertemukan oleh Peter McLoughlin, Presiden dari NFL (National Football League) Seattle Seahawks.

"Saat itu saya ke kantor Peter dan ia sedang turun eskalator. Saya mengatakan kepadanya bahwa ingin memperlihatkan sesuatu yang ada di iPad untuk menawarkan produk ini," cerita Matt.

Peterpun sempat menolak dan pada akhirnya Matt diberikan waktu 30 detik untuk berbicara. Tak disangka, Peterpun sangat menyukai ide yang dibuat Matt. Setelah kejadian ini, bisnis Matt berkembang pesat.

LavCup tidak menjual rak, akan tetapi rak minuman tersebut diberikan ke stadion dan arena secara gratis. Keuntungannya justru di dapatkan dari perusahaan yang menaruh iklan di rak tersebut.

Hingga saat ini, rak minuman buatan mahasiswa ini sudah dipakai di 26 tempat olahraga di seluruh Amerika Serikat. Ada sekitar 21.000 unit yang sudah terpasang. Matt juga mengaku dari bisnisnya ini ia berhasil meraup keuntungan sebanyak $2 juta atau setara dengan Rp 27,3 miliar.

Baca juga: Para Mahasiswa Ini Ciptakan Alat untuk Membuat Bir di Bulan (lus/odi)
Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat

Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat