Croissant Kembali Populer

Tak Hanya Manis, Croissant juga Diolah dengan Rasa Gurih yang Enak

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 06 Feb 2018 18:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Croissant memang tidak selalu dibuat dengan rasa manis. Di beberapa kafe, ada croissant sandwich dengan paduan telur, sayuran hingga daging yang enak.

Croissant ini merupakan salah satu pastry ikonik asal Prancis yang sudah dikenal sejak ratusan tahun silam. Dibuat dengan adonan roti dan lemak yang digiling dan dilipat sehingga ketika dipanggang akan menggelembung dan membentuk tekstur berongga.

Tak Hanya Manis, Croissant juga Diolah dengan Rasa Gurih yang EnakFoto: iStock

Croissant biasa disantap saat sarapan sebagai teman kopi atau teh di Prancis. Teksturnya beremah seperti puff pastry, namun juga lembut seperti roti. Ciri khasnya punya aroma dan rasa mentega yang kuat.

Baca juga: Pastry Bulan Sabit dari Masa Renaissance yang Kembali Jadi Tren

Kalau biasanya banyak orang menyukai croissant polos tanpa rasa atau manis, ternyata ada juga variasi croissant sandwich dengan ragam isian enak. Biasanya, sajian ini bisa jadi sajian sarapan yang lebih mengenyangkan. Karena ditambahkan dengan sayuran dan juga protein.

Salah satu kafe yang sajian croissant sandwich adalah BEAU yang beralamat di Cikajang. Croissant sandwichnya disajikan dengan paduan ham, scrambled eggs dan tumis champignon.

Tak Hanya Manis, Croissant juga Diolah dengan Rasa Gurih yang EnakFoto: iStock

Yang paling populer, tuna croissant sandwich. Croissant dibelah tengah diberi isian tuna mayonniase dan daun selada. Cafe Oh Lala punya andalan croissant sandwich ini. Beberapa kafe membuat variasi dengan taburan keju.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan croissant gurih di Sophie Authentique, Kemang. Anda bisa memesan croissant dengan isian seperti salmon, keju, tuna dan daging ayam. Jika ingin menambahkan isian, Anda juga bisa memilih scrambled egg, irisan buah alpukat, tomat dan juga daging ayam.

Dan ada juga Becca's Bake House yang beralamat di Muara Karang. Di sini ada egg mushroom croissant yang disajikan dengan selada, tomat, scrambled egg lembut dan tumis champignon.

Semuanya bisa jadi pilihan untuk sarapan croissant lengkap. Bagaimana, tertarik mencoba?

Baca juga: Begini Cara Tepat Memanaskan Kembali Croissant Agar Tetap Renyah (lus/odi)