Gelas ​Wine Kini ​Tujuh Kali Lebih Besar Volumenya ​dari ​Ratusan Tahun​ Lalu

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 18 Des 2017 19:15 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Perubahan gaya dalam menikmati wine terlihat dari perubahan bentuk gelasnya. Kini, ukuran gelas wine tujuh kalil lebih besar dari sebelumnya.

Jika Anda meminum wine, sebaiknya ukur jumlah wine yang diminum. Karena menurut sebuah penelitian, gelas wine modern tujuh kali lebih besar dari gelas wine berabad-abad lalu lapor Fox News (16/12)

Periset di Universitas Cambridge menganalisis lebih dari 400 gelas wine antik dan modern. Termasuk berbagai macam gelas wine dari kerajaan Inggris. Ternyata ukuran rata-ratanya meningkat secara bertahap sejak tahun 1700 an. Namun lebih terlihat di tahun 1990 an lapor NBC News.

Gelas Wine Kini Tujuh Kali Lebih Besar Volumenya dari Ratusan Tahun LaluFoto: Istimewa
Baca juga: Wine Seharga Rp 140 Ribu Ini Duduki Peringkat Salah Satu Wine Terbaik Dunia

Berabad-abad yang lalu, gelas wine dapat menampung rata-rata 2,2 oz atau 65 mililiter. Tapi pada tahun 2000 menjadi 10 oz atau 295 mililiter. Kini, gelas winedapat menampung lebih dari 16 oz atau sekitar 473 mililiter menurut penelitian di British Medical Journal.

Konsumsi wine juga mengalami peningkatan. Di Inggris naik empat kali lipat di antara tahun 1960 dan 1980. Kemudian meningkat dua kali lagi dari tahun 1980 sampai 2004.

Gelas Wine Kini Tujuh Kali Lebih Besar Volumenya dari Ratusan Tahun LaluFoto: AFP

Periset mengungkapkan jika peningkatan konsumsi wine berkaitan dengan ukuran gelas wine. Orang beranggapan menuang sedikit winekarena ukuran gelas yang besar. Padahal jumlah tersebut banyak bila dituangkan ke dalam gelas yang berukuran kecil.

Para peneliti memusatkan perhatian pada penduduk Inggris. Namun mereka mengatakan jika tren gelas wine berukuran besar di Amerika memiliki pengaruh besar.

Baca juga: Bukan dari Buah Anggur, Wine Ini dari Tomat dan Apel, Mau Cicip? (dwa/odi)
d'Mentor
×
Trik Dapur Ngebul Hendy Setiono
Trik 'Dapur' Ngebul Hendy Setiono Selengkapnya