Rekomendasi Makan Malam

Yang Hangat! di 4 Tempat Ini Ada Oden Enak dengan Harga Terjangkau

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 07 Des 2017 16:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Jajanan kaki lima a la Jepang dan Korea ini memang enak jadi teman ngemil. Dipadu dengan kuah gurih yang hangat, oden makin enak dinikmati sambil bersantai.

Oden merupakan salah satu jajanan kaki lima enak di Jepang. Akan tetapi, di Korea juga banyak yang menjual oden dengan variasi rasa gurih. Di Jepang, oden terdiri dari Daikon (lobak), Yaki Chikuwa (adonan ikan goreng atau otak-otak), Mochiiri Kinchaku (kue beras), Yude tamago (telur rebus), Konnyaku, hingga Satsuma-age (fish cake) yang direbus dalam kaldu dashi yang gurih.

Tertarik dengan jajanan kaki lima ini? Yuk, coba cicip oden enak di 5 tempat ini!

1. Mu Gung Hwa

 Yang Hangat! di 4 Tempat Ini Ada Oden Enak dengan Harga TerjangkauFoto: iStock

Restoran asal Korea ini menyajikan beragam hidangan enak. Mulai dari camilan khas kaki lima hingga makanan berat. Selain teokboki dan ramyeon, Anda juga bisa mencicip oden di sini. Seporsi oden di restoran ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 15.000-an. Dipadu dengan kuah kaldu gurih dan hangat, tentu oden semakin enak dinikmati bersama dengan teh.

Tertarik untuk mencoba? Anda bisa langsung datang ke Mu Gung Hwa yang berada di Jalan Senayan, Blok S No. 43. Senopati, Jakarta Selatan.

2. Kashiwa

 Yang Hangat! di 4 Tempat Ini Ada Oden Enak dengan Harga TerjangkauFoto: iStock

Restoran Jepang autentik yang ada di kawasan Blok M ini memang selalu jadi buruan pecinta makanan Jepang. Bagaimana tidak, hampir semua menunya dibandrol dengan harga Rp 28.000 ++. Selain bisa mencicip sashimi dan yakimono, Anda juga bisa menikmati oden.

Pilihan oden beragam, ada daikon, konnyaku, tamago, jyagaimo, hanpen, chikuwa, satsumahe, atsuagetofu, goboten, ebiboll, ika ball hingga salmonball. Satu porsinya, Anda dapat memilih 3 jenis oden. Selain oden, Anda juga bisa menikmati beberapa camilan lainnya seperti agegyoza, magayano tebasaki hingga chikuwa cheese yang semuanya dimasak dengan cara digoreng dengan rasa gurih.

Tempatnya berada di Jalan Melawai 8 No. 2 A (Lantai 2). Melawai, Blok M, Jakarta Selatan. Oh ya, restoran ini buka pada pukul 5 sore hingga 11 malam.

Baca juga: Kashiwa: Puas Menikmati Makanan Jepang Otentik Serba Rp 28.000!

3. Tanpopo

 Yang Hangat! di 4 Tempat Ini Ada Oden Enak dengan Harga TerjangkauFoto: detikFood

Jajanan malam di kawasan Gandaria ini patut dicoba. Mengusung konsep Yatai, para pengunjung dapat menikmati aneka sajian daging bakar di bawah tenda sederhana. Menunya terdiri dari daging ayam, USDA Beef short Ribs, Rib Eye, Ramen, Gyudon, Rice Curry hingga Oden.

Odennya disajikan hangat-hangat dekat gerobak ramen. Ada banyak jenis oden yang disuguhkan, salah satunya adalah edamame, lobak dan oden rasa ikan. Kalau masih belum kenyang, langsung saja memesan daging sapi yang dipadu dengan bumbu yakiniku dan dibakar sendiri di atas arang.

Tanpopo lokasinya berada di Jalan Sultan Iskandar Muda No. 99E, Arteri Pondok Indah, Kebayoran Lama. Buka pukul 6 sore hingga jam 12 malam.

Baca juga: Tanpopo: Asyiknya Memanggang Beef Short Ribs dan Ngemil Oden Gaya Yatai

4. Lawson

 Yang Hangat! di 4 Tempat Ini Ada Oden Enak dengan Harga TerjangkauFoto: iStock

Minimarket yang memiliki banyak cabang di Jakarta ini tentu bisa jadi tempat membeli oden enak. Pilihan odennya beragam, ada chikuwa jumbo, salmon sausage, baso keju, fish stick, lobster ball, hingga keecho. Perbuahnya dibandrol dengan harga sekitar Rp 3.000 hingga Rp 4.000-an.

Kalau lapar sepulang kerja, Anda bisa mampir ke Stasiun Sudirman untuk menikmati oden berkuah hangat dengan harga terjangkau.

Baca juga: Hangat Gurih, Oden Berkuah Kaldu Khas Negeri Sakura (lus/lus)