Kashiwa: Puas Menikmati Makanan Jepang Otentik Serba Rp 28.000!

Maya Safira - detikFood Kamis, 05 Nov 2015 18:29 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Mau mencoba makanan Jepang bercitarasa otentik dan enak? Datang saja ke restoran di kawasan Melawai ini. Mulai dari yakitori, okonomiyaki sampai kroket keju semua dihargai Rp 28.000!

Sudah lama kawasan Melawai dikenal dengan sebutan 'Little Tokyo'. Sebab di sini ada restoran ataupun izakaya (pub) yang menjual makanan Jepang otentik di malam hari. Banyak para ekspatriat Jepang mengunjungi tempat ini selepas kerja.

Kashiwa jadi salah satu izakaya yang jadi perbincangan. Tak hanya ramai oleh orang Jepang, Kashiwa juga dipadati pengunjung Indonesia. Bukan tanpa alasan, disebut-disebut Kashiwa punya makanan Jepang enak. Belum lagi harga makanan terjangkau.

Pantas saja saat kami datang Kashiwa yang berada di lantai 2 gedung, penuh pengunjung. Karena tak dapat tempat, kami terpaksa meninggalkan izakaya dan kembali lagi setengah jam kemudian.

Tempat ini mempunyai suasana Jepang cukup kental. Ruangan didominasi pemakaian kayu cokelat muda yang simple. Penerangannya pun memberi kesan hangat. Tempelan menu-menu terlihat menghiasi dinding.

Area duduk sendiri terbagi dua. Bisa memilih duduk di bangku atau lesehan. Di sini juga tersedia komik dan majalah Jepang untuk baca di tempat.

Untuk menunya sendiri, Kashiwa menyediakan salad, onigiri, sashimi, tempura, dan yakimono. Nampak kebanyakan makanan porsinya tidak begitu besar tapi tetap cocok untuk sharing. Sebab konsep izakaya lebih menekankan pada makanan sebagai pendamping minuman alkohol seperti pub. Tapi ada juga gohan set, udon, oden dan soba di sini.

Karena benar-benar otentik, beberapa menu mungkin terdengar asing. Bagian paling menyenangkan adalah semua hidangan masing-masing dihargai Rp 28.000++.



Menu pertama yang kami pesan adalah Nagoya no Tebasaki (Rp 28.000). Tebasaki merupakan sayap ayam goreng berbumbu khas Nagoya. Tampak empat potong sayap ayam diberi gerusan lada hitam dipermukaannya. Aroma lada pun tercium kuat. Bagian bawah ayam ada sedikit saus cokelat pekat mirip teriyaki.

Sayap ayam ini bagian kulitnya begitu garing, sedangkan dalamnya empuk. Bumbunya yang sederhana cukup enak. Makin mantap saat dicocol ke saus cokelat yang gurih di bawah ayam.



Selanjutnya kami mencoba yakitori bagian momo (paha) seharga Rp 28.000. Yakitori bisa diberi saus Tare (manis) atau Shio (garam). Kami pun meminta kedua rasa tersebut. Dalam piring tersedia dua tusuk yakitori dengan pelengkap potongan jeruk nipis dan cocolan cokelat muda seperti miso yang gurih asin.

Tekstur daging bagian paha itu lembut, tanpa ada kesulitan mengunyah. Bagian luarnya agak kering renyah dan dalamnya juicy. Untuk shio, sausnya terasa asin untuk lidah kami. Sedangkan saus tare lebih cocok karena lebih manis walau tetap ada jejak shoyu. Aroma bakaran juga membuatnya makin enak. Jika suka, bisa cocol ke pasta miso yang jadi pelengkap.



Belum kenyang, kami pun memesan Kaisen Okonomiyaki (Rp 28.000). Delapan potong okonomiyaki mirip pizza tersaji dalam hot plate. Permukaan okonomiyaki diberi tumpukan katsuoboshi, mayonnaise dan saus cokelat khas okonomiyaki.

Okonomiyaki beradonan tebal. Rasanya enak dengan paduan saus yang pas. Isian seafoodnya juga cukup padat. Salah satu okonomiyaki paling lezat yang pernah kami coba di Jakarta.



Terakhir kami mencicipi Koroket Pizza (Rp 28.000) yang nampak menggiurkan. Berbeda dari biasa, kroket gaya Jepang ini cukup lengkap pendampingnya. Ada brokoli rebus, saus tomat, bawang bombay, mayonnaise dan smoked cheese lembaran. Gerusan lada hitam juga ditaburkan ke atas keju.

Kroket uang berukuran cukup besar teksturnya lembut dengan citarasa gurih creamy. Permukaannya renyah karena dibaluri tepung roti. Di dalam kroket ternyata ada selipan smoked beef dan jagung pipil. Rasanya ternyata makin enak saat dimakan bersama saus dan keju lembaran yang sudah melunak. Nyam!

Bila belum puas, coba saja dessert manis di sini. Seperti kakigori (es serut), honey toast, mini parfait ataupun mochi ice cream.

Belum ada tujuan malam ini? Kashiwa bisa jadi pilihan. Tentu datang ke sini enaknya beramai-ramai agar bisa mencoba lebih banyak menunya.

Kashiwa
Jl. Melawai 8 No. 2A (Lantai 2)
Melawai
Blok M
Jakarta Selatan
Telp: 021-7396063
Jam buka: 17.00 - 23.30

(msa/odi)
Load Komentar ...