Yang Lezat dari Jepang

Hangat Gurih, Oden Berkuah Kaldu Khas Negeri Sakura

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 22 Apr 2015 19:03 WIB
Foto: Thinkstock
FOKUS BERITA Yang Lezat dari Jepang
Jakarta - Oden merupakan salah satu jajanan kaki lima enak di Jepang. Fish cake yang gurih, tofu yang lembut hingga aneka sayuran yang renyah dinikmati​ hangat dengan kaldu yang gurih. Sajian ini ​enak dimakan sepanjang hari.​

Oden merupakan hidangan musim dingin di Jepang yang terdiri dari beberapa bahan seperti Daikon (lobak), Yaki Chikuwa (adonan ikan goreng atau otak-otak), Mochiiri Kinchaku (kue beras), Yude tamago (telur rebus), Konnyaku, hingga Satsuma-age (fish cake) yang direbus dalam kaldu dashi yang gurih.

Di beberapa wilayah, bahan-bahan yang digunakan untuk oden sangat bervariasi. Awalnya, oden merupakan sajian sejenis sup miso yang disajikan hanya dengan konnyaku dan tahu rebus. Akan tetapi di banyak daerah di Jepang, Oden disajikan dengan aneka bahan-bahan gurih yang dijajakan di pinggir jalan.

Oden tradisional dibuat dalam donabe, yang biasa disebut dengan wadah dari tanah liat. Bahan-bahan dari oden di rebus dalam kaldu berbasis dashi selama kurang lebih satu jam. Hal ini dilakukan agar kuah kaldu meresap ke dalam sajian oden.

Selain bahan yang sudah disebutkan sebelumnya, Oden juga dapat ditambahkan dengan daging ayam, seafood dan daging sapi ataupun sayuran sesuai selera.

Rasa kaldunyapun memiliki banyak ragam dan setiap daerah memiliki ciri khas. Misalnya saja di Nagoya, kaldunya terbuat dari dashi terasa sedikit manis dengan tambahan kecap sedangkan di daerah Kansai kaldu memiliki rasa yang kuat dan sedikit gurih.

Sedangkan oden di Shizuoka menggunakan kaldu berwarna agak gelap dengan menggunakan kaldu sapi dan kecap dengan semua bahannya ditusuk dengan lidi bambu. Di daerah ini biasanya oden diberi taburan aonori atau rumput laut sebelum di makan.

Jika Anda ingin membuatnya sendiri di rumah, Anda dapat meracik oden dengan 4 cangkir kaldu dashi yang dimasak dalam panci dan ditambahkan dengan beberapa sendok kecap, gula dan sake (jika suka). Kemudian rebus bahan-bahan seperti daikon, konnyaku, fish cake goreng hingga gulungan kubis. Masak hingga semua bahan matang.

Selain ada oden yang gurih hangat, Anda juga dapat mencicip sajian oden manis a la Jepang. Oden manis atau sweet oden terbuat dari potongan apel, kiwi, jeruk dan pangsit berisi kacang merah.

Jika oden gurih dimasak dalam kuah kaldu gurih, sweet oden justru dimasak dalam campuran teh oolong, olive wine, cengkeh dan kayu manis sebagai penambah rasa. Akan tetapi belum banyak penjual yang menjual oden manis ini.

Oden sering dijajakan dalam bentuk kaki lima menggunakan gerobak. Di beberapa restoran oden dijual dalam hot pot sekitar 100 yen atau setara dengan Rp. 10.800. Dengan banyaknya variasi oden, Anda dapat memilih oden jenis apa yang akan Anda beli. Mau oden manis atau gurih?

(tan/odi)
FOKUS BERITA Yang Lezat dari Jepang

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com