Yang Lezat dari Medan

Yuk, Cicip Sup Sumsum Sapi hingga Sate Berkuah Kental yang Legendaris di Medan

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 26 Nov 2017 13:24 WIB
Foto: Good Indonesian Food Foto: Good Indonesian Food
FOKUS BERITA Yang Lezat dari Medan
Jakarta - Rumah makan legendaris dengan sajian autentik tak pernah mengecewakan. Puluhan tahun, rasanya sudah terbukti enak. Kalau ke Medan, datang yuk ke rumah makan ini!

Terkenal dengan bumbu rempah yang kental plus rasa yang berani, kuliner Medan memang tak ada duanya. Jika sedang ada di Medan atau berencana datang ke kota kelahiran suami Kahiyang Ayu Siregar Anda tak boleh lewatkan ini. Ada sup sumsum sapi serta daging dari RM Sepirok yang jadi salah satu menu di acara pesta pernikahan anak Jokowi.

Ada juga sate hingga kopi yang dijamin kelezatannya. Yuk, mampir!

Baca juga: Sedang Ada di Medan? Yuk, Mampir ke Kafe Unik dan Instagramable Ini!

1. Rumah Makan Sinar Pagi

Yuk, Cicip Sup Sumsum Sapi hingga Sate Berkuah Kental yang Legendaris di MedanFoto: Good Indonesian Food

Rumah makan ini terkenal dengan soto Medannya yang enak. Soto yang diberi kuah santan kentang berwarna kuning dan hijau ini sangat nikmat disantap saat cuaca dingin. Akan tetapi, bagi Anda yang tak menyukai sajian berasantan, bisa juga memesan sop ayam atau daging dengan kuah segar.

Rumah makan ini buka sejak pagi, pukul 7 hingga jam 3 pagi. Rumaj makan Sinar Pagi juga jadi salah satu yang legendaris karena sudah buka sejak tahun 1962. Mau mampir?

Rumah Makan Sinar Pagi
Jalan Sei Deli No. 2D/1
Medan

2. Rumah Makan Sipirok

Yuk, Cicip Sup Sumsum Sapi hingga Sate Berkuah Kental yang Legendaris di MedanFoto: Odilia Winneke

Sup daging yang diracik oleh rumah makan ini jadi suguhan dalam pesta adat dan pernikahan Kahiyang Ayu - Bobby. Rumah makan ini termasuk yang legendaris dan berada di kawasan Sei Sikambing, Medan. Menjadi salah satu retsoran yang ramai, tentu Anda harus datang lebih awal.

Kalau ke sini jangan sampai melewarkan sup sumsum dan sup dagingnya. Supnya disajikan dengan kuah bening yang gurih wangi. Dimasak dengan api kecil dalam durasi waktu yang lama menghasilkan rasa dan tekstur daging yang empuk. Makin enak dinikmati bersama dengan nasi putih dan juga beberapa menu lainnya seperti teri tawar goreng, gulai ikan sale hingga udang kecepe sambal pati.

Baca juga: Sipirok : Sluurp! Segar Gurih Sup Daging Khas Tapanuli Selatan

3. Soto Kesawan

Yuk, Cicip Sup Sumsum Sapi hingga Sate Berkuah Kental yang Legendaris di MedanFoto: Istimewa

Ada di daerah Kesawan, soto ini selalu jadi incaran para wisatawan. Bukan hanya disajikan dengan daging ayam dan daging, di kedai ini justru membuat soto dengan paduan udang yang gurih. Kuah soto yang berwarna kecokelatan dengan paduan daun bawang dan bawang goreng terasa sedap. Mantap!

Soto Kesawan
Jl. Ahmad Yani
Kesawan, Medan
Telp: (061) 4514518

4. Restoran Tip Top

Yuk, Cicip Sup Sumsum Sapi hingga Sate Berkuah Kental yang Legendaris di MedanFoto: Istimewa

Restoran ini menjadi salah satu yang paling tertua di Kota Medan. Didirikan pada tahun 1929, awalnya restoran ini bernama Jangkie dan masih berada di Jalan Pandu, Medan. Kemudian di tahun 1934, pindah ke daerah Kesawan dan diganti dengan nama Tip Top.

Walaupun sudah lama, akan tetaoi restoran ini selalu menjaga konsistensi rasa. Buktinya sejak tahun 1934, memasaknya masih menggunakan kayu bakar sehingga menghasilkan rasa yang nikmat dan aromatik. Selain menjual makanan Indonesia, restoran ini juga punya ragam kue seperti pancake, kue tart, specoolas hingga horen yang klasik.

Restoran Tip Top
Jl. Jend. A Yani I No. 92 A-B
Kesawan, Medan
Telp: (061) 4514442

5. Sate Memeng

Yuk, Cicip Sup Sumsum Sapi hingga Sate Berkuah Kental yang Legendaris di MedanFoto: Istimewa

Nama Memeng berasal dari nama sang peracik sate pertama kali yaitu H. Muhammad Saimin yang akrab dipanggil Memeng. Racikan satenya sudah dijajakan sejak tahun 1945. Menu di Sate Memeng antara lain sate daging sapi, ayam, hati, usus dan campur. Bumbu atau kuah satenya bisa memilih antara sambal kacang, kecap atau kuah sate Padang.

Ciri khas sate di sini adalah potongan dagingnya yang besar-besar dan tebal. Bumbu pada satenya meresap enak. Rasanya pedas dengan aksen cabai, bawang dan merica yang kuat. Sate Memeng buka pada malam hari. Mau coba?

Sate Memeng
Jl. Irian Barat No. 2
Gg. Buntu, Medan
Telp: 081361153743

Baca juga: Sedapnya Sate Memeng dengan Bumbu Kacang dan Kuah Sate Padang dari Medan

6. Rumah Makan Tabona

Yuk, Cicip Sup Sumsum Sapi hingga Sate Berkuah Kental yang Legendaris di MedanFoto: Istimewa

Sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu, rumah makan ini selalu jadi langganan banyak masyarakat Kota Medan. Menu andalan dari restoran ini adalah sajian karinya yang sedap. Pilihannya ada kari ayam, kari bihun hingga kari sapi yang buka sejak pukul 7 pagi hingga 10 malam.

Slurp! Kuahnya gurih dengan paduan rempah nikmat dan cocok dinikmati bersama dengan ketupat atau lontong.

Rumah Makan Tabona
Jl. Mangkubumi No. 17
A U R, Medan
Telp: (061) 4536952

7. Kedai Kopi Apek

Yuk, Cicip Sup Sumsum Sapi hingga Sate Berkuah Kental yang Legendaris di MedanFoto: miagunawan2110 instagram

Kedai Kopi Apek menjadi salah satu tempat tertua di Medan untuk mencicip kopi. Sudah ada sejak tahun 1923 dan kini dikelola generasi ketiga. Interior ruangan di sini juga masih mempertahankan desain zaman dahulu. Kalau mampir ke sini jangan sampai lewatkan untuk cicip Kopi O yang diracik dari biji kopi Sidikalang.

Kopi Sidikalang ini dinikmati bersama dengan susu kentao manis yang disajikan terpisah. Makin enak dinikmati bersama dengan martabak terlur hingga camilan roti bakar.

Kedai Kopi Apek
Jl. Hindu No. 110
Kesawan, Medan

Baca juga: Pencinta Durian? Kalau ke Medan Wajib Mampir ke 2 Tempat Ini! (lus/lus)
FOKUS BERITA Yang Lezat dari Medan