Yang Lezat dari Medan

Sipirok : Sluurp! Segar Gurih Sup Daging Khas Tapanuli Selatan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 23 Nov 2017 15:30 WIB
Foto: Odilia Winneke Foto: Odilia Winneke
FOKUS BERITA Yang Lezat dari Medan
Jakarta - Sup daging khas Sipirok akan jadi suguhan primadona pesta adat dan pernikahan Bobby-Kahiyang. Apa ya istimewanya sup daging racikan rumah makan ini?

Dalam rangkaian acara penikahan adat dan resepsi Bobby dan Kahiyang, sup daging Sipirok jadi primadona. Sup yang akan disajikan nanti diracik langsung oleh Ibu Cut Mimi dan putrinya Beby Nasution dari Putri Catering.

Sipirok merupakan kecamatan di kabupaten Sipirok. Karena terletak dekat gunung Sibualbuali maka daerah ini hawanya sejuk. Hidangan berempah dan berkuah hangat seperti sup daging jadi salah kuliner andalannya.

Sipirok : Sluurp! Segar Gurih Sup Daging Khas Tapanuli SelatanRagam sajian nikmat untuk makan siang di Sipirok khas Tapanuli Selatan. Foto: Odilia Winneke

Kalau ingin tahu seperti apa sup daging Sipirok? Mampirlah ke Rumah Makan Sipirok yang ada di kawasan Sei Sikambing Medan. Datang pada jam makan siang, bersiaplah antre karena rumah makan ini sangat penuh pengunjung.

Ingin mengecap kembali kelezatan sup Sipirok ini kami rela antre 15 menit untuk mendapat tempat duduk. Rumah makan penuh sesak dan kepulan asap dari panci di sisi kiri rumah makan menebar aroma gurih daging. Bikin perut makin lapar!

Andalan rumah makan ini sup daging sapi dan sup sumsum tulang kerbau. Sayangnya kami tak kebagian sup sumsum. Nasi dalam piring kaca cokelat panas mengepul, disajikan dengan beragam lauk. Gulai daun ubi tumbuk, daging bakar siram saus sambal, teri tawar goreng, tumis bunga pepaya, udang kecepe sambal pati. Gulai ikan sale (ikan asap) dan ikan asam pedas pun sudah habis.

Sipirok : Sluurp! Segar Gurih Sup Daging Khas Tapanuli SelatanSup daging sapi berkuah bening yang sedap dan gurih ini jadi salah satu menu di acara pesta pernikahan Kajiyang dan Bobby. Foto: Odilia Winneke

Sup daging sapi disajikan dalam piring cekung, kuahnya bening berisi 3 potong daging dan tulang sapi. Taburan bawang merah dan daun bawang menebarkan bau wangi.

Kuahnya gurih kaldu daging, daging sapinya juga empuk. Apalagi daging bercampur otot yang menempel pada tulang, asyik digerogoti. O,ya jangan lupa tambahkan sambal cabe hijau yang tersedia di meja. Rasanya pedas kecut bikin sup makin sedap dan dahipun berkeringat.

Sipirok : Sluurp! Segar Gurih Sup Daging Khas Tapanuli SelatanDaun ubi tumbuk yang enak dinikmati bersama nasi hangat. Foto: Odilia Winneke

Nasi yang sedikit pera memang paling pas disuap dengan kuah sup daging. Tapi bisa juga ditambah dengan lauk-pauk. Daun ubi tumbuk yang hijau cantik disajikan di piring kecil. Santannya encer hingga rasa segar gurihnya tercecap enak. Diselingi aroma wangi kincung atau kecombrang.

Daging bakar bersiram saus sambal merah oranye menyala benar-benar menggiurkan. Irisan daging bakar yang empuk, dipadu dengan sambal yang pedas asam.

Uniknya ada irisan bawang merah segar sehingga terasa renyah. Jejak rasa serai dan jahe membuat saus sambal ini makin segar. Apalagi ada jejak renyah gosong daging panggang. Sedap!

Sipirok : Sluurp! Segar Gurih Sup Daging Khas Tapanuli Selatanudang kecepe atau udang rebon yang juga bisa jadi pilihan di rumah makan ini. Foto: Odilia Winneke

Lauk yang lain, udang kecepe atau udang rebon pun disajikan sederhana. Sambal pati dari cabe dan bawang merah serta rempah tidak berlebihan sehingga udang mungil ini terasa renyah enak.

Demikian juga dengan teri taar yang digoreng garing. Diaduk dengan sedikit sambal. Renyah-renyah pedas, pas dipadu dengan nasi panas.

Nah, kalau ke Medan jangan lewatkan sup daging dan daging bakar di rumah makan ini. Ada baiknya datang sebelum jam makan siang agar tak perlu antre.

Jl. Sunggal No.14
Sei Sikambing B
Medan Sunggal
Jam Buka : 10.00 - 15.00
Telpon: 0811-6539205

(lus/odi)
FOKUS BERITA Yang Lezat dari Medan