Yang Lezat dari Medan

Sedapnya Sate Memeng dengan Bumbu Kacang dan Kuah Sate Padang dari Medan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 21 Nov 2017 18:00 WIB
Foto: Traveling Yuk Foto: Traveling Yuk
FOKUS BERITA Yang Lezat dari Medan
Jakarta - Medan punya banyak kuliner enak, salah satunya Sate Memeng yang legendaris. Sate sapi atau ayam diguyur bumbu kacang atau kuah sate Padang. Sedap!

Setelah Solo, Medan kini jadi sorotan karena menjadi tempat kedua digelarnya resepsi pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Segala hal tentang Medan pun ramai dibincangkan, termasuk kuliner lezat dari kota Melayu Deli ini.

Baca Juga: Gurih-gurih Sedap Sate Kuah Kacang Pak Memeng

Sedapnya Sate Memeng dengan Bumbu Kacang dan Sate Padang dari MedanFoto: detik Travel

Salah satu yang selalu diburu karena cita rasanya adalah Sate Memeng. Warung makan ini ada di Jalan Irian Barat No. 2, Gang Buntu, Kota Medan. Meski lokasinya di pinggir jalan, Sate Memeng selalu ramai pembeli.

Nama Memeng berasal dari nama sang peracik sate pertama kali yaitu H. Muhammad Saimin yang akrab dipanggil Memeng. Racikan satenya sudah dijajakan sejak tahun 1945.

Sedapnya Sate Memeng dengan Bumbu Kacang dan Sate Padang dari MedanFoto: detik Travel

Menu di Sate Memeng antara lain sate daging sapi, ayam, hati, usus dan campur. Bumbu atau kuah satenya bisa memilih antara sambal kacang, kecap atau kuah sate Padang. Bisa dicampur langsung di sate atau dipisah.

Baca Juga: Kopi Susu Legendaris Medan Ada di Kedai Kopi Apek

Ciri khas sate di sini adalah potongan dagingnya yang besar-besar dan tebal. Bumbu pada satenya meresap enak. Rasanya pedas dengan aksen cabai, bawang dan merica yang kuat.

Sedapnya Sate Memeng dengan Bumbu Kacang dan Sate Padang dari MedanFoto: Traveling Yuk

Makin enak saat sate dimakan dengan potongan lontong. Harga satu porsi Sate Memeng dibanderol Rp 20.000 isi 5 tusuk sate. Warung makan ini mulai buka pukul 18.00-21.00.

Oia, selain sate, Sate Memeng punya mie rebus yang juga jadi favorit banyak pengunjung. Tampilannya mirip mi kocok Bandung dengan isian tauge, kentang rebus dan topping kerupuk kanji. Nyamm!

(adr/adr)
FOKUS BERITA Yang Lezat dari Medan