Yang Lezat dari Medan

Kalau ke Medan, 7 Oleh-oleh Ini Jangan Sampai Anda Lewatkan Ya!

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 25 Nov 2017 14:50 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Yang Lezat dari Medan
Jakarta - Mengunjungi suatu daerah tak lengkap jika tidak membawa oleh-oleh. Nah, kalau sedang berada di Medan, 7 jenis oleh-oleh favorit ini wajib dicoba! Apa saja ya?

Medan memang terkenal dengan sajian kuliner dan juga duriannya yang nikmat. Jika Anda datang ke kota ini, sebaiknya sempatkan untuk membeli aneka oleh-oleh khasnya. Ada Bolu Meranti, Bika Ambon, Sirop Markisa hingga Kopi asli dari Sidikalang. Semuanya cocok jadi buah tangan untuk kerabat atau keluarga tercinta.

Baca juga: Kue-kue Tradisional Sumatera Utara Ini Bisa Jadi Oleh-oleh Enak

1. Bolu Meranti

Kalau ke Medan, 7 Oleh-oleh Ini Jangan Sampai Anda Lewatkan Ya!Foto: Istimewa

Siapa yang tak kenal bolu ini. Toko kue bolu yang didirikan oleh Nyonya Ai Ling ini kini sudah jadi oleh-oleh yang melekat dengan Medan. Bahkan untuk beberapa wisatawan, rasanya tak lengkap jika tak berkunjung untuk membeli bolu gulung ini. Memiliki rasa yang empuk, bolu gulungnya memiliki banyak variasi rasa, ada bolu gulung keju, abon ayam, bolu 3-in-1, bolu topping cokelat, hingga kue lapis.

Untuk harga bolu gulung dibandrol dengan harga mulai dari Rp 65.000. Dikemas dalam kardus yang praktis, Anda bisa dengan mudah memberikan oleh-oleh bolu ke kerabat. Untuk membelinya, Anda bisa langsung datang ke Bolu Meranti pusat yang berada di Jalan Kruing No. 2K Medan, Sumatera Utara.

2. Kacang Shibouk

Kalau ke Medan, 7 Oleh-oleh Ini Jangan Sampai Anda Lewatkan Ya!Foto: Istimewa

Camilan kacang yang gurih ini juga bisa masuk dalam daftar oleh-oleh Anda. Di kawasan Tarutung, Anda bisa mendapati banyak penjual kacang ini. Kacang ini dibuat dengan cara menggongseng di pasir dalam belanga menggunakan kayu api hingga matang. Rasanya gurih enak!

Baca juga: Uniknya Kacang Sihobuk dari Desa Tarutung yang Dimasak dengan Pasir

3. Bika Ambon

Kalau ke Medan, 7 Oleh-oleh Ini Jangan Sampai Anda Lewatkan Ya!Foto: Muhammad Idris

Bika Ambon yang manis dengan aroma wangi enak juga bisa jadi oleh-oleh khas Medan. Termasuk jajanan pasar, bika Ambon sangat enak dinikmati sebagai camilan untuk menemani Anda minum kopi atau teh. Ada bika Ambon yang terkenal di Medan yaitu Bika Ambon Zulaika yang dibandrol dengan harga sekitar Rp 50.000 hinggga Rp 150.000-an.

4. Sirup Markisa

Kalau ke Medan, 7 Oleh-oleh Ini Jangan Sampai Anda Lewatkan Ya!Foto: iStock

Siapa yang tak tahu sirup ini? Minuman dengan rasa asam dan manis ini memiliki rasa yang enak. Dibuat dari sari buah markisa asli yang tumbuh di dataran tinggi kabupaten Karo, sirup ini dibuat tanpa pewarna dan penagawet. Di Medan, sebenarnya banyak sekali pelaku usaha kecil yang menjual sirup Markisa. Hanya saja, ada salah satu sirup yang terkenal yaitu Sirup Markisa Ny Lim yang beralamat di Jalan Bandar Baru, Medan.

5. Manisan Jambu Aguan

Kalau ke Medan, 7 Oleh-oleh Ini Jangan Sampai Anda Lewatkan Ya!Foto: Istimewa

Mampir ke tanah Deli, tentu harus membeli oleh-oleh ini. Di Manisan Aguan, ada dua jenis manisan yang bisa Anda cicip yaitu rasa manis dan manis asin. Per kilonya, dibandrol dengan harga sekitar Rp 25.000. Tekstur jambu klutuknya yang renyah sangat enak berpadu dengan kuah rasa asin manis yang menyegarkan! Mau coba? Langsung saja mampir ke Jalan Kuring, Sekip, Medan Petisah. Tokonya buka sejak pukul 8 pagi hingga jam 8 malam.

6. Pancake Durian

Kalau ke Medan, 7 Oleh-oleh Ini Jangan Sampai Anda Lewatkan Ya!Foto: (Rudi Chandra/d'Traveler)

Pancake durian bisa Anda dapatkan di banyak tempat. Lapisan adonan tipis kulit pancake memang semakin nikmat diisi dengan krim yang dipadu daging buah durian lumat. Biasanya pancake durian dijual dalam wadah plastik dan dikemas apik sehingga saat dibawa dalam perjalanan tak mengeluarkan aroma yang menyengat. Selain bisa dibeli di Ucok Durian, Anda juga dapat mampir ke Durian House yang ada di Jalan Karakatau No. 43 A.

7. Kopi Sidikalang

Kalau ke Medan, 7 Oleh-oleh Ini Jangan Sampai Anda Lewatkan Ya!Foto: Good Indonesian Food

Dijuluki sebagai rajanya kopi, Sidikalang merupakan nama dari ibukota kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Kopi ini memang selalu jadi incaran para wisatawan sekaligus pecinta kopi saat mampir ke sini. Kalau tertarik, Anda bisa membeli biji kopi atau kopi yang sudah di giling ke Jalan Ahmad Yani No. 250, Pekan, Binjau, Sumatera Utara. Atau bisa juga ke cabangnya bernama Toko Kopissidikalang.com yang ada di Jalan Majapahit No. 75, Medan.

Baca juga: Slurp! Enaknya Menyeruput Kopi Beraroma Wangi dari Sidikalang (lus/lus)
FOKUS BERITA Yang Lezat dari Medan