Kue-kue Tradisional Sumatera Utara Ini Bisa Jadi Oleh-oleh Enak

ADVERTISEMENT

Ekspedisi Langit Nusantara

Kue-kue Tradisional Sumatera Utara Ini Bisa Jadi Oleh-oleh Enak

Lusiana Mustinda - detikFood
Minggu, 17 Apr 2016 14:43 WIB
Jakarta - Tak hanya terkenal dengan durian dan bihun bebek, Medan juga punya aneka kue tradisional yang enak dan unik.

Hari ini (17/04), Medan menjadi salah satu titik pemberhentianĀ Ekspedisi Langit Nusantara yang menjelajah jalur Barat Indonesia. Dan dari Medan nantinya drone Elang Barat akan diterbangkan ke Sibolga esok hari.

Berwisata ke Provinsi Sumatera Utara Anda juga harus menyempatkan diri untuk mencoba sajian kulinernya. Jika ada kerabat ataupun keluarga yang sedang berkunjung ke Medan, tentu Anda akan memesan bolu meranti, pancake durian hingga durian segar sebagai buah tangan.

Terlepas dari makanan yang sudah populer itu. Dalam pencarian daftar kue tradisional di internet dengan jaringan tercepat ternyata detikFood juga menemukan beragam sajian kue khas yang masih banyak dijual.

Bika Ambon menjadi salah satu kue khas Medan yang cukup tersohor dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh. Walaupun namanya Ambon, kue ini tidak berasal dari Maluku tapi Medan.

Kue berwarna kuning dengan tampilan berongga ini memiliki rasa manis dan legit yang khas dan mudah di dapat. Dari sekian banyaknya merek bika ambon, ada yang sudah terkenal yaitu Bika Ambon Zulaikha. Untuk rasanya beragam, mulai dari original, moka, pandan, keju serta pandan keju. Hmm, lezatnya!
Pernah mendengar kue lappet? Ini merupakan kue tradisional Sumatera Utara, khususnya Tapanuli. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, kelapa serta gula aren. Lappet atau ombus-ombus ini dibuat dengan bentuk limas yang dibungkus dengan daun pisang. Kalau sedang singgah ke Medan, kue ini masih banyak ditemui di kota Siborong-borong.
Ada juga kue itak gurgur yang merupakan kue berbagan dasar tepung beras putih yang dicampur dengan kelapa dan gula pasir. Kue ini dibentuk dengan cara dikepal dengan tangan dan dikukus sebentar. Selain itu ada juga ombus-ombus yang juga jadi kue kegemaran orang Sumatera Utara.

Kalau Itak gurgur dan lappet biasa di temui di rumah makan. Tapi jika tertarik untuk membeli oleh-oleh bika Ambon untuk keluarga di rumah, Anda bisa menemuinya di toko oleh-oleh yang berada di jalan Mojopahit, Medan. Karena di sini ada banyak sekali aneka kue, camilan dan minuman khas Medan seperti bolu gulung, ikan pora-pora, sirup markisa hingga kopi sidakalang.



"Ayo ikutiĀ Ekspedisi Langit Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia". (lus/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT