Yang Lezat dari Medan

Slurp! Enaknya Menyeruput Kopi Beraroma Wangi dari Sidikalang

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 23 Nov 2017 18:30 WIB
Foto: Good Indonesian Food Foto: Good Indonesian Food
FOKUS BERITA Yang Lezat dari Medan
Jakarta - Kalau ingin mencicip kopi ini, enaknya langsung datang ke Medan. Racikan kopi Sidikalangnya enak dengan aroma semerbak dengan rasa seimbang. Mau coba?

Dijuluki sebagai rajanya kopi, Sidikalang merupakan nama dari ibukota kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Ini adalah jenis kopi robusta yang ditanam di daerah ini dengan ketinggian tertentu dan memiliki citarasa enak sehingga digemari banyak pecinta kopi lokal hingga mancanegara.

Baca juga: Mampir ke Medan, Jangan Lupa Mampir ke 4 Kedai Kopi Ini!

Slurp! Enaknya Menyeruput Kopi Beraroma Wangi dari SidikalangFoto: iStock

Dalam proses tumbuhnya, kopi Sidikalang ditanam di ketinggian lebih dari 1.000 meter. Kopi ini memiliki karakteristik dengan citarasa spicy dengan aksen earthy yang kuat dan tingkat keasamannya rendah. Jika Anda singgah ke Danau Toba atau kota Medan, di sini banyak penjual kopi atau biji kopi giling yang punya kopi Sidikalang.

Selain dapat membeli bubuk kopinya, Anda juga bisa menikmati langsung di kedai kopi yang sudah tersohor seperti Kedai Kopi Apek yang legendaris dan sudah berdiri sejak tahun 1923. Di sini kopi Sidikalang diseduh dengan cara manual menggunakan saringan panjang seperti kaos kaki. Disajikan dengan susu kental manis yang disajikan terpisah. Makin enak dinikmati bersama camilan.

Slurp! Enaknya Menyeruput Kopi Beraroma Wangi dari SidikalangFoto: Istimewa

Karena dituang beberapa kali ke dalam ceret, air kopinya bening tanpa ampas dengan aroma yang harum. Berbeda dengan di Aceh, kopi di kedai kopi Medan disajikan dalam cangkir keramik.

Selain Kedai Kopi Apek, Anda juga bisa mampir untuk mencicip kopi Sidikalang di kedai kopi Ong, atau Republik Kopi yang lebih modern.

Baca juga: Kopi Susu Legendaris Medan Ada di Kedai Kopi Apek (lus/lus)
FOKUS BERITA Yang Lezat dari Medan