Yang Lezat dari Medan

Uniknya Kacang Sihobuk dari Desa Tarutung yang Dimasak dengan Pasir

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 23 Nov 2017 17:40 WIB
Foto: Omiyago Foto: Omiyago
FOKUS BERITA Yang Lezat dari Medan
Jakarta - Main ke Tarutung harus cicip kacang sihobuk. Rasa gurihnya istimewa karena disangrai menggunakan pasir.

Dalam perjalanan darat menuju Danau Toba, Anda akan menemui penjual kacang Sihobuk di wilayah Tarutung. Sesuai namanya, kacang ini berasal dari Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara.

Penciptaan kacang Sihobuk lekat dengan sejarah desa yang dilanda bencana longsor tahun 1982. Kala itu, bencana menelan belasan korban jiwa. Guna mengenang bencana ini, warga setempat memasak kacang yang dinamai Sihobuk.

Uniknya Kacang Sihobuk dari Desa Tarutung yang Dimasak dengan PasirFoto: Hitabatak

Baca Juga:
Seempuk Bantal, Ini Roti Ganda Isi Meisjes dan Srikaya dari Pematang Siantar

Terlebih kacang tanah memang jadi hasil bumi yang banyak ditemui di sana. Kualitas kacang yang bagus ini membuat warga setempat mengolahnya secara serius.

Untuk membuat kacang Sihobuk, kacang perlu direndam dalam air selama 3-5 jam lalu dijemur sejenak. Setelah kering, kacang digongseng dengan pasir dalam belanga menggunakan api kayu bakar hingga matang.

Proses ini masih menyertakan kulit kacang hingga kacang dikemas. Mengaduk pasir dengan kacangpun kabarnya butuh tenaga ekstra agar menghasilkan kacang sempurna.

Kacang Sihobuk terasa gurih khas dengan ukurannya yang besar. Tekstur kacang juga terbilang empuk sehingga enak buat camilan.

Uniknya Kacang Sihobuk dari Desa Tarutung yang Dimasak dengan PasirFoto: Wisata Kita

Baca Juga:
Mau Beli Teri Medan Kiloan? Mampir ke Pajak Central Saja!

Oia, jangan heran jika di kulit kacang masih tersisa sedikit pasir. Ini juga jadi ciri khas kacang Sihobuk yang dijual dalam kemasan kecil dan besar.

Nah, kalau Anda lewat Desa Sihobuk di Tarutung, pastikan membeli kacang Sihobuk sebagai oleh-oleh ya! Dijamin puas ngemil kacang ukuran besar dengan rasa gurih enak!

(adr/adr)
FOKUS BERITA Yang Lezat dari Medan