Yang Lezat dari Medan

Mau Beli Teri Medan Kiloan? Mampir ke Pajak Central Saja!

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 22 Nov 2017 14:40 WIB
Foto: Odilia Winneke Foto: Odilia Winneke
FOKUS BERITA Yang Lezat dari Medan
Jakarta - Pajak atau Pasar Central dikenal sebagai pasar grosir segala keperluan. Dari baju, tas, mainan hingga ikan asin.

Pasar sentral atau pasar pusat ini merupakan pasar terbesar di Medan. Dibangun pada tahun 1932 pasar ini menjadi pusat perkulakan hampir segala jenis barang. Mulai dari mainan anak, tas, topi hingga beragam busana anak hingga dewasa.

Pasar Central yang menjual beragam ikan asin, termasuk teri Medan.Pasar Central yang menjual beragam ikan asin, termasuk teri Medan. Foto: Odilia Winneke

Pasar ini menyatu dengan Medan Mall sehingga menjadi pusat belanja terbesar. Pasar basah dengan aneka keperluan sehari-hari juga ada di salah satu bagian.

Tepat di sisi belakang pasar basah ada pusat penjualan ikan asin. Karena Medan dikenal dengan beragam jenis olahan ikan asin berkualitas baik. Konon sebagian besar pedagang di sini merupakan keturunan China. Rupanya pengolahan ikan asin perlu modal yang tak kecil.

Karena di area pasar ini juga ada pusat penjualan ikan segar. Sementara di sekitar area pasar ini juga ada pusat perdagangan ikan asin grosiran untuk dikirim ke berbagai daerah di Indonesia dan beberapa negara tetangga.

Ikan asin yang dapat dibeli kiloan.Ikan asin yang dapat dibeli kiloan. Foto: Odilia Winneke

Bukan hanya jenis teri saja yang populer disebut teri Medan karena kualitasnya yang bagus, ada juga jenis ikan asin lain. Seperti ikan teri jengki, udang utuh, ebi, kalep, cumi kering, terasi juga ikan kakap utuh, ikan pindang hingga ikan kecil yang disebut ikan sampah.

Khusus ikan teri Medan, pilihannya sangat beragam. Ada yang kecil utuh, setengah memar dan ada juga yang tawar dan asin. Tak ada patokan mana yang paling bagus. Tergantung isi kocek Anda.

Harganya mulai dari Rp 30.000 sampai Rp 100.000 tergantung kualitasnya. Tentu saja yang berukuran besar, utuh, bersih harganya mencapai Rp 100 ribu. Tergantung kualitasnya.

Selain teri Medan dan teri tawar yang bisa jadi pilihan.Selain teri Medan dan teri tawar yang bisa jadi pilihan. Foto: Odilia Winneke

Patokan umum saat membeli, pilih ikan teri yang tawar, sebagian besar utuh meskipun ukurannya kecil. Tercium aroma khas ikan. Jangan segan untuk mengambil sedikit dan mengamatinya. Jika terasa berat dan lembap biasanya banyak mengandung garam. Sebaliknya jika ringan dan kering berarti ikan teri baik kualitasnya.

Ikan teri Medan ini cocok untuk oleh-oleh. Tahan lama dan aromanya tak setajam ikan asin biasa. Jika memberli banyak dan akan disimpan, pindahkan ikan asin dalam stoples kedap udara dan simpan dalam lemari es.

Bagaimana? Sudah terbayang nasi liwet dengan taburan teri Medan goreng atau sambal teri kacang? Segera mampir ke Pajak Central! (lus/odi)
FOKUS BERITA Yang Lezat dari Medan