Yang Lezat dari Medan

Seempuk Bantal, Ini Roti Ganda Isi Meisjes dan Srikaya dari Pematang Siantar

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 22 Nov 2017 18:35 WIB
Foto: papasemar.com Foto: papasemar.com
FOKUS BERITA Yang Lezat dari Medan
Jakarta - Bukan hanya Medan, Pematang Siantar juga punya kuliner enak. Salah satunya Roti Ganda dengan olesan srikaya dan meisjes yang legit. Nyamm!

Pematang Siantar adalah kota kedua terbesar di Sumatera Utara. Kota ini selalu ramai karena dilewati mereka yang ingin berkunjung ke Danau Toba.

Main ke Pematang Siantar, Anda harus mampir ke Jalan Sutomo. Di sini ada toko roti legendaris yang sudah ada sejak tahun 1979. Tiap hari toko bernama Roti Ganda ini selalu dipadati para pembeli.

Seempuk Bantal, Ini Roti Ganda Isi Meisjes dan Srikaya dari Pematang SiantarFoto: laksmiandina

Baca Juga: Roti Tawar Legendaris dari Pematang Siantar

Yang ditawarkan Roti Ganda sebenarnya sederhana, hanya roti tawar ukuran besar (loaf) beroles meisjes atau selai srikaya. Meski begitu, ada juga roti ukuran kecil yang bisa dicicip pembeli.

Roti tawar di sini dibuat fresh setiap hari, begitu juga dengan selainya. Untuk meraciknya, roti dibelah dua secara vertikal lalu dioles mentega putih untuk meisjes atau selai srikaya.

Tak ada takaran khusus untuk menabur meisjes di atas roti. Penjual hanya perlu membalurkan banyak meisjes hingga menempel di mentega putihnya. Sementara untuk selai srikaya, juga dioles dalam jumlah royal.

Seempuk Bantal, Ini Roti Ganda Isi Meisjes dan Srikaya dari Pematang SiantarFoto: malesmandi.com

Selanjutnya roti tawar dipotong-potong agar lebih mudah dimakan. Pengemasannya masih jadul menggunakan lipatan kertas lalu dikencangkan dengan karet.

Baca Juga: Maknyus! Roti Ganda Khas Pematang Siantar Bikin Ketagihan

Nyamm! Potongan roti ganda terasa tebal, empuk dan lembut. Rasa manisnya juga dianggap pas sehingga saat dimakan dalam jumlah banyak tak membuat eneg. Pas dinikmati bersama teh atau kopi hangat.

Seempuk Bantal, Ini Roti Ganda Isi Meisjes dan Srikaya dari Pematang SiantarFoto: goodindonesianfood

Roti Ganda ukuran besar kini dibanderol sekitar Rp 16.000. Sedangkan roti kecil harganya Rp 3.000. Karena dibuat tanpa pengawet, roti beroles selai ini biasanya tahan tak lebih dari 2 hari.

Selain roti tawar, Roti Ganda juga menjual selai srikaya botolan. Banyak wisatawan menjadikan selai srikaya ini sebagai oleh-oleh khas Pematang Siantar. Selain mudah dibawa, selai juga lebih awet.

(adr/adr)
FOKUS BERITA Yang Lezat dari Medan