Rekomendasi Makan Malam

Slurrp! Gurih Segar Soto Ayam Ada di 5 Tempat Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 27 Okt 2017 17:53 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

Kalau ingin hangatkan perut, seporsi soto ayam bisa jadi santapan. Kuahnya gurih kental dengan suwiran ayam, bihun hingga telur rebus. Nikmat!

Dari sekian banyak jenis soto di Indonesia, soto ayam jadi yang paling populer. Yang terkenal adalah soto ayam Lamongan dan Ambengan, Jawa Timur. Meski begitu, Anda bisa mencicip soto ayam enak di Jakarta dan sekitarnya. Seperti soto ayam buatan 5 tempat berikut.

1. Soto Sedaap Boyolali
Sejak 2002, Hj. Widodo menjual soto khas Boyolali. Ciri khasnya ada pada kuah soto yang agak bening dengan campuran kaldu daging dan ayam. Isiannya juga lengkap yaitu nasi, tauge, taburan bawang goreng, seledri serta suun. Suwiran ayam kampung menambah kenikmatan soto. Makin puas karena seporsi soto ayam dijual Rp 8.000 saja.

Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo
Jl. Ciater Raya No. 12
(Depan Sekolah Insan Cendekia Madani)
Tangerang Selatan
Telepon: 08112650705

Slurrp! Gurih Segar Soto Ayam Ada di 5 Tempat IniFoto: Detikfood

2. Soto Sulung Koperia
Di kawasan Radio Dalam ada Soto Sulung Koperia yang bisa disambangi. Rumah makan yang sudah berdiri lebih dari 20 tahun lalu ini punya soto sulung spesial dan soto ayam. Soto ayam gaya Lamongan tersaji dengan kuah kental bercampur koya. Isiannya suun, suwiran ayam, irisan kol dan irisan daun bawang. Daging ayamnya memakai ayam kampung sehingga berwarna kecokelatan. Makin nikmat disantap dengan nasi hangat.

Soto Sulung Koperia
Jl. Radio Dalam Raya No. 45
Jakarta Selatan
Telepon: (021) 27510670
Buka: 09.00 - 22.00 WIB

Slurrp! Gurih Segar Soto Ayam Ada di 5 Tempat IniFoto: Detikfood

3. Soto Ayam Ambengan Pak Sadi Asli
Soto ayam racikan Pak Sadi terbukti enak karena rumah makan ini pernah menduduki peringkat teratas Street Food Masters of The Year di World Street Food Congress 2013. Tersedia soto ayam biasa dan spesial dengan tambahan jeroan, jeroang daging, jeroan kulit, jeroan brutu atau soto telur muda. Pilihan lainnya Soto Madura yang memakai daging sapi.

Soto Ayam Ambengan Pak Sadi Asli
Jl. Wolter Monginsidi No. 28
Jakarta Selatan
Telepon: 021 72793057

Slurrp! Gurih Segar Soto Ayam Ada di 5 Tempat IniFoto: Detikfood

4. Bale Soto
Aneka jenis soto jadi menu andalan rumah makan ini. Mulai dari soto daging, buntut, bebek, iga, ayam, babat, campur, spesial, hingga wagyu. Pada soto spesial, Anda bisa mencicip soto berkuah kuning dengan isian suwiran daging ayam, lembaran daging sapi, dan babat. Pelengkapnya suun, tauge, kol, tomat, seledri, daun bawang, dan taburan bawang goreng.

Bale Soto
Jalan Daksa 1 No. 11
Kebayoran Baru
Telepon: 021 29236125

Slurrp! Gurih Segar Soto Ayam Ada di 5 Tempat IniFoto: Detikfood



5. Soto Ayam Rakyat
Kalau sedang di Cengkareng, mampirlah ke Soto Ayam Rakyat. Kuahnya kuning pucat dan keruh karena diberi sedikit santan. Isian daging ayamnya bisa dipilih antara bagian paha, dada, atau campuran daging paha, dada, dan kulit ayam. Bihun, kol, seledri, dan bawang goreng menjadi pelengkapnya. Tambahkan jeruk nipis, koya, sambal, dan kecap manis untuk cita rasanya yang lebih nikmat.

Soto Ayam Rakyat
Jl. Taman Palem Lestari Blok CC2 No. 2, Cengkareng
Jakarta Barat
Telepon: 021 70500628

(msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com