Bale Soto: Slurrpp! Gurih Segar Soto Spesial dengan Isian Komplet

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 11 Apr 2016 11:12 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Penyuka soto bisa memuaskan selera di Bale Soto. Ada ragam pilihan soto yang gurih segar dengan harga terjangkau. Kalau mau mie tek-tek, nasi goreng, atau mie ayam juga ada.

Berada di kawasan Senopati, Bale Soto menawarkan aneka jenis soto sebagai menu andalan. Sebut saja soto daging, buntut, bebek, iga, ayam, babat, campur, spesial, hingga wagyu.

Tertarik dengan menunya, kamipun mampir. Bangunan luar restoran mengusung konsep tradisional karena memajang gebyok Jawa. Sementara bagian dalamnya memadukan konsep tradisional dan modern lewat sentuhan sofa warna hijau, dinding bata putih, keramik klasik, dan lampu gantung Jawa.



Menu di sini rupanya cukup banyak hingga membuat kami bingung. Kami akhirnya memesan Soto Spesial (Rp 27.000), Mie Goreng Tek-tek (Rp 30.000), dan Tempe Mendoan (Rp 17.000).

Menurut informasi pegawai, semua menu soto di sini dibuat dari kuah yang sama. Hanya saja isiannya berbeda tergantung pesanan. Racikan Soto Spesial terdiri dari suwiran daging ayam, lembaran daging sapi, dan babat.

Nampak kuah soto berwarna kekuningan menebar aroma gurih. Disamping daging, ada pelengkap berupa suun, tauge, kol, tomat, seledri, daun bawang, dan taburan bawang goreng.



Kuah sotonya lumayan segar dengan jejak rasa gurih yang cukup. Enak diseruput selagi hangat karena kuahnya juga tidak terlalu pekat.

Soto makin enak karena berisi daging ayam, sapi, dan babat yang empuk. Jumlahnyapun terbilang royal untuk menemani seporsi nasi hangat.

O ya, kalau suka asam pedas bisa mengucuri soto dengan jeruk nipis dan menambahkan sambal rawit yang sudah disediakan. Meski tak terlalu spesial, soto ini cocok jadi penumpas lapar di siang atau malam hari.

Puas menyantap soto, saatnya kami mencicip Mie Goreng Tek-tek. Tampilannya begitu meriah karena diberi banyak isian dan pelengkap. Di sisian piring nampak potongan bakwan, irisan selada dan tomat, serta acar.



Dalam mienya terselip telur, suwiran ayam, irisan sawi, kol, dan potongan tomat. Tak ketinggalan, taburan bawang goreng yang menebar harum gurih. Hmmm...

Mie goreng tek-tek rupanya diberi kuah nyemek berwarna kecokelatan. Tekstur mie telur yang kenyal lembut berpadu enak dengan aneka isian dan kuah yang gurih manis. Nyamm! Seporsi mie ini ternyata lumayan mengenyangkan.

Tempe mendoan melengkapi santap kami kali ini. Terdapat 4 lembar tempe tepung yang disajikan bersama sepiring kecil sambal bawang.



Karena disajikan sesaat setelah digoreng, permukaan tempe begitu berminyak. Tidak terlihat irisan daun bawang di tepung tempe mendoan seperti pada umumnya.

Tepungnya polos dan tidak terasa gurih. Agaknya adonan tepung memang tidak dibumbui apapun. Tercecap rasa khas terigu kurang matang dari sajian ini. Untunglah ada sambal cabe bawang yang pedas menyengat sebagai penyelamat.

Rindu akan camilan masa kecil, kamipun memesan Kue Sarang Laba-laba (Rp 15.000) sebagai sajian penutup. Kue terigu ini sengaja dibuat berpola mirip sarang laba-laba yang rumit.



Terdapat 3 lembar kue sarang laba-laba yang disajikan bertumpuk. Rasanya manis dengan tekstur lembut dan tipis. Enak disandingkan dengan segelas teh manis hangat.

Kalau siang ini belum ada ide makan siang, mampir saja ke Bale Soto. Tempatnya luas dan nyaman dengan pilihan menu yang beragam.

Bale Soto
Jalan Daksa 1 No. 11
Kebayoran Baru
Telepon: 021 29236125

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com