Soto Ayam Rakyat: Menikmati Soto Ayam dan Bebek Bengal Beraroma Wangi Kunyit

- detikFood Selasa, 28 Jan 2014 14:14 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Soto ayam menjadi salah satu makanan favorit saat cuaca dingin. Kuahnya yang disajikan panas-panas serta tambahan rempah dan bumbunya menghangatkan badan. Dilengkapi sepiring nasi, rasa laparpun sukses diredam.

Saat kami sedang berada di daerah Taman Palem Lestari, Jakarta Barat, hujan turun deras. Kami segera mencari tempat berteduh sekaligus warung makan untuk mengisi perut yang keroncongan. Di sini memang ada cukup banyak pilihan tempat makan.

Ternyata tak jauh dari tempat kami berada tampak restoran 'Soto Ayam Rakyat'. Restoran ini cukup menarik perhatian karena menempati dua ruko bersebelahan dengan dinding anyaman bambu di depannya. Kebetulan, karena kami memang sedang mencari makanan berkuah.

Pelayannya yang banyak menyapa saat kami masuk. Restorannya cukup luas dengan area makan di dalam dan luar ruang yang bisa memuat sekitar 92 orang. Menunya tak banyak, hanya ada soto, ayam, dan bebek. Minumannya juga hanya teh, jeruk, dan jus.

Soto Ayam Rakyat (Rp 20.000) dan sepiring nasi putih (Rp 4.000) jadi pilihan pertama kami. Sotonya berkuah kuning pucat dan keruh, seperti diberi sedikit santan. Dagingnya bisa dipilih, mau paha, dada, atau campuran daging paha, dada, dan kulit ayam.

Aroma kunyit wangi semerbak terasa saat kuahnya diseruput. Suwiran dagingnya tak terlalu banyak. Sebagai pelengkap, ada bihun, kol, sedikit seledri, dan bawang goreng. Jeruk nipis dan koya tersedia di meja, bisa ditambahkan sendiri sesuai selera.

Mirip dengan soto ayam khas Lamongan. Kuah yang sedikit gurih terasa makin mantap dengan adukan koya yang menyatu. Kucuran sedikit air jeruk nipis, sambal rawit, dan sedikit kecap manis menambah komplet rasanya. Gurih, manis, dan sedikit pedas. Sluurp!

Hidangan kedua kami adalah Bebek Bengal (Rp 22.000) dan nasi uduk (Rp 5.000). Daging paha bebeknya berwarna cokelat gelap dan agak kecil. Di atasnya diberi bumbu serundeng basah. Selintas mirip bebek goreng gaya Madura.

Daging bebeknya yang berwarna pink sedikit juicy, namun sayang bumbunya tak meresap sampai ke dalam. Serundengnya sendiri memiliki rasa kunyit yang cukup kuat. Hidangan ini disajikan bersama mentimun, kemangi, dan sambal yang tak pedas.

Tampaknya, restoran yang belum genap enam bulan berdiri ini perlu meningkatkan citarasa hidangannya. Tempat makan yang cukup luas dan bersih, wi-fi gratis, serta pelayan yang banyak dan ramah jadi nilai plus restoran ini. Tertarik mampir?


Soto Ayam Rakyat
Jl. Taman Palem Lestari Blok CC2 No. 2, Cengkareng
Jakarta Barat
Telepon: 021-70500628, 29423826
Jam buka: setiap hari, 10:00-23:00



(fit/odi)