Sebagian Kimchi di Restoran Korea Ternyata Berasal dari China

Maya Safira - detikFood Senin, 16 Okt 2017 17:56 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Kimchi termasuk makanan wajib yang tersedia di restoran Korea. Meski begitu, ternyata sebuah laporan menyebut sebagian kimchi bukan berasal dari Korea.

Hampir setengah dari seluruh kimchi yang disajikan di restoran dan layanan makanan di Korea kabarnya berasal dari China. Ini berdasarkan hasil sebuah survei yang ditunjukkan pada awal bulan Oktober.

Sebagian Kimchi di Restoran Korea Ternyata Berasal dari ChinaFoto: iStock


Baca juga: Makin Bertambah Produk Kimchi dari Korea dengan Sertifikasi Halal

Menurut laporan tentang tren di industri kimchi tahun 2016 oleh World Institute of Kimchi, sebanyak 13,7% kimchi yang dikonsumsi di Korea merupakan impor. Sekitar 47% kimchi yang disediakan restoran dan kafetaria berasal dari luar korea. Hampir 90 persennya berasal dari China, seperti dikutip dari The Korea Herald (6/10).

Sementara itu disebutkan penduduk Korea mengonsumsi sekitar 1,85 juta ton kimchi. Rata-rata 36,1 kg kimchi per orang tahun lalu. Jumlah tersebut naik 15% dari tahun sebelumnya.

Sekitar 63% kimchi dibuat di rumah. Sementara sisanya dibeli jadi.

Lembaga kimchi tersebut mendesak pemerintah untuk menyusun pedoman yang tepat untuk kimchi impor. Alasannya karena peningkatan kekhawatiran masyarakat akan keamanan pangan.

Sebagian Kimchi di Restoran Korea Ternyata Berasal dari ChinaFoto: iStock


"Produsen kimchi di Korea diharuskan memenuhi aturan Hazard Analysis Critical Control Point (untuk menjamin keamanan pangan), namun sebagian besar kimchi yang diimpor dari China tidak (memenuhinya)," ucap pihak insitut kimchi.

World Institute of Kimchi mengatakan bahan pengawet, pemanis buatan dan kuman terdeteksi dalam kimchi asal China beberapa tahun belakangan. "Harus ada tindakan untuk mengatur kebersihan dan keamanan kimchi," pungkas pihak institut.

Baca juga: Warga Korea Tidak Sudi Makan Kimchi Buatan China (msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com