Hati-hati 15 Makanan Enak Ini Paling Sering Bikin Anda Ketagihan! (1)

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Kamis, 28 Sep 2017 10:34 WIB
Foto: GettyImages
Jakarta - Ketagihan makanan berarti tak bisa menahan hasrat mengonsumsi makanan. Hal ini dapat sebabkan obesitas, kesehatan menurun, hingga tekanan psikologis.

Ketagihan ataupun kecanduan tidak selalu bermula dari makanan yang lezat atau terlihat menarik. Ada pula beberapa kandungan dalam makanan berperan di dalamnya. Dikutip dalam This Is Insider (19/09), ternyata ada beberapa makanan yang gampang membuat Anda kecanduan.

Baca juga: Makan Keju Ternyata Bisa Bikin Ketagihan Seperti Konsumsi Heroin

1. Burger

Hati-hati 15 Makanan Enak Ini Paling Sering Bikin Anda Ketagihan! (1)Foto: Thinkstock

Daging sapi yang empuk dan juga juciy mengandung tinggi zat besi, protein, dan Zinc. Kekurangan zat besi dan zinc sangat sering terjadi di Amerika, terutama bagi wanita. Apalagi setelah mengalami masa haid, wanita sering kekurangan zat besi sehingga mereka membutuhkan kandungan ini agar darah tertap sehat dan tercukupi.

Akan tetapi, jika Anda sedang menginginkan burger, kebutuhan yang akan tercukupi yang lebih mendominasi adalah protein dan karbohidrat. Sehingga agar lebih sehat, Anda dapat memadukannya dengan beberapa jenis sayuran untuk membuat sajian burger ini makin seimbang nutrisinya.

2. Permen

Permen identik dengan gula. Jika Anda terlalu banyak konsumsi permen maka akan menyebabkan kadar gula darah meningkat, namun setelah itu akan turun lagi secara drastis. Kejadian ini bisa menyebabkan perubahan suasana hati, rasa cemas, kelelahan, sakit kepala dan kecanduan ingin selalu makan yang manis-manis lagi dan lagi.

3. Keju

Hati-hati 15 Makanan Enak Ini Paling Sering Bikin Anda Ketagihan! (1)Foto: iStock

Makanan ini selalu menjadi dambaan kaum Millenial zaman ini. Lelehan keju di atas pizza mengandung lemak jenuh yang jelas tidak sehat bagi tubuh. Begitupula yang Anda temukan di antara dua irisan roti mentega, jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah tinggi, maka hasrat Anda harus dikontrol untuk tidak selalu menyimpan keju di dalam rumah Anda.

Selain itu, keju mengandung vitamin D. Akan tetapi, vitamin D bisa Anda temukan tidak hanya dari keju tapi juga telur, susu almond, yogurt, dan salmon.

4. Chinese Food

Chinese food memang sangat memiliki rasa yang beragam dan menu yang ditawarkannya pun sangat beragam. Makanan lezat seperti General Tso bahkan tidak bisa kita hindari karena rasanya yang enak. Tidak hanya beraroma, akan tetapi juga masakan China biasanya mengandung sodium yang jika terlalu banyak bisa mengakibatkan efek dehidrasi ringan.

5. Cokelat

Hati-hati 15 Makanan Enak Ini Paling Sering Bikin Anda Ketagihan! (1)Foto: Thinkstock

Secara ilmiah, cokelat membuat Anda lebih bahagia. Jika Anda merasa bosan, tidak senang atau merasa hidup Anda sedang kacau untuk beberapa alasan tertentu, maka masuk akal jika Anda ingin membangkitkian suasana hati Anda dengan sepotong cokelat.

Cokelat memang memiliki cita rasa yang enak. Namun, mengkonsumsi cokelat dapat menyebabkan peradangan perut dan usus. Lalu, jika Anda sedang dilanda rasa gelisah maka Anda akan kecanduan dan mencari cokelat, mini justru efeknya akan menjadi buruk. Untuk menyembuhkan kecanduan Anda, biarkan diri Anda memiliki cokelat dengan tak berlebihan.

6. Cupcakes

Cupcakes identik dengan kue ulang tahun pada zaman ini. Entah itu perayaan ulang tahun teman atau keluarga yang menyenangkan. Biasanya ketika Anda ingin memakan sesuatu dan mengingat sebelumnya pernah menikmati hidangan tersebut yang menyenangkan, kita cenderung menginginkannya lagi.

Sebagai alternatif, Anda bisa menghubungkan kegiatan yang baik dengan beberapa reward. Seperti "jika saya melakukannya dengan baik, maka saya mendapatkan kue" trik yang digunakan saat masih kecil. Anda mungkin membutuhkan waktu untuk "manjakan diri". Istirahatlah, nikmati sesuatu yang lezat, dan lanjutkan.

7. Kentang

Hati-hati 15 Makanan Enak Ini Paling Sering Bikin Anda Ketagihan! (1)Foto: Istimewa

Camilan yang digemari banyak orang ini selalu memberikan rasa renyah dan enak. Selain itu, kentang goreng biasanya dijadikan camilan utama bagi banyak orang.

Walaupun kentang enak untuk dikonsumsi, Anda harus mengetahuinya bahwa kentang goreng mengandung lemak jahat yang nantinya akan menumpuk di tubuh Anda, membentuk gumpalan kecil yang akan memicu timbulnya plak dan juga menutup aliran darah secara signifikan.

8. Es Batu

Hasrat untuk mengkonsumsi es bisa mengindikasikan kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi sangat umum dan dapat diatasi dengan suplemen zat besi atau dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti bayam atau daging sapi hingga hati sapi.

Baca juga: 'False Memory Diet' , Trik Memori untuk Kurangi Kecanduan Makanan Favorit (lus/odi)