Kini Tokyo Punya 2 Restoran Ramen yang Dapat Bintang Michelin

Maya Safira - detikFood Jumat, 02 Des 2016 06:21 WIB
Foto: Rocket News24
Jakarta -
Makin bertambah restoran ramen berbintang Michelin di Jepang. Sekarang ada dua resto yang mendapat predikat bergengsi tersebut.
Bulan Desember tahun lalu, Tsuta mendapat perhatian internasional setelah menjadi restoran ramen pertama di dunia yang mendapat bintang Michelin. Restoran ini punya menu favorit ramen Shoyu Tsukesoba dengan wangi jamur porcini yang sedap.

Foto: Rocket News24
Tiap tahunnya, Michelin Guide mengumumkan peraih bintang Michelin baru. Pada 29 November lalu, telah diumumkan restoran yang mendapat bintang Michelin di Tokyo.
Tsuta yang baru membuka cabang di Singapura, kembali meraih bintang Michelin. Selain Tsuta, ternyata ada restoran ramen lainnya, Nakiryu, yang mendapat satu bintang untuk pedoman tahun 2017.

Foto: Rocket News24
Predikat itu tentunya membuat warga Jepang penasaran dengan citarasa Nakiryu. Rocketnews24 (01/12) pun menyambangi restoran untuk membuktikan kelezatannya.
Baru sehari hasil Michelin Guide diumumkan, sudah tampak antrean sekitar 20 orang di depan restoran pada pukul 10.30 waktu setempat. Padahal Nakiryu baru buka satu jam kemudian.
Ternyata antrean tidak hanya di depan pintu restoran. Antrean juga ada di seberang restoran. Saat jam Nakiryu buka, sudah mencapai 50 orang yang mengantre.
Seperti umumnya resto ramen di Jepang, konsumen memilih dan membayar ramen yang diinginkannya pada sebuah mesin. Pastinya ini tidak bisa dialami di restoran Michelin lainnya.

Foto: Rocket News24
Menu andalan Nakiryu sendiri berupa mie Dandan seharga 890 yen (Rp 105.000). Mie Dandan berisi daging babi cincang, daun bawang dan saus pedas mengandung minyak cabai. Sajian pedas ini aslinya berasal dari Sichuan, China.
Umumnya mie Dandan mempunyai warna kuah kemerahan. Tapi Nakiryu meraciknya berbeda dengan warna orange muda dan tampak creamy.
Rasa kaldu itu disebut-sebut sangatlah enak. Kuahnya kental sekaligus ringan. Meninggalkan paduan nikmat rasa asam dan asin di lidah. Reporter Rocketnews24 sampai mempertanyakan bagaimana restoran bisa meracik hentakan rasa pada kuah meski memakai kaldu ringan. Membuatnya tercengang.

Foto: Rocket News24
Mienya juga dikatakan begitu luar biasa. Dibuat dengan tangan, mie punya tekstur kenyal dan enak dikunyah. Berpadu sempurna dengan kaldu.
Nakiryu dikatakan layak jadi tujuan menikmati semangkuk mie Dandan. Meski pengunjung harus rela mengantre untuk dapat giliran masuk.


(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com