Bekal Sekolah Sehat

5 Makanan Tinggi Protein Ini Sebaiknya Ada dalam Bekal Anak

Maya Safira - detikFood Senin, 25 Jul 2016 14:02 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Bekal Sekolah Sehat
Jakarta - Dalam bekal sekolah si kecil perlu ada asupan makanan padat protein. Ini bisa membuat mereka lebih bertenaga menjalani aktivitas.

Bekal anak perlu memenuhi kebutuhan gizi. Protein termasuk bahan yang harus ada dalam bekal karena punya banyak manfaat bagi si kecil. Seperti menjaga daya tahan tubuh, memberi energi dan membantu melawan penyakit. Sebaiknya pilih sumber protein terbaik untuk bekal anak.

1. Ikan



Ikan bisa jadi sumber terbaik protein untuk bekal si kecil. Misalnya ikan salmon, tuna atau dori. Agar anak suka, olah ikan dalam menu makanan favorit mereka seperti cupcake dan sandwich. Bisa juga ikan jadi topping untuk canape berbahan crackers.

2. Produk susu



Produk olahan susu termasuk pilihan protein tepat untuk anak. Misalnya susu atau keju. Susu bisa menjadi minuman anak di sekolah, dibandingkan soda. Keju juga enak jadi isian roti, biskuit, pasta dan makanan kesukaan mereka lainnya. Anda dapat mencoba resep pastry pisang keju, lumpia keju atau burger ayam keju.

3. Kacang-kacangan



Selain rasanya enak, kacang juga tinggi protein. Produk kacang seperti selai banyak digemari anak-anak. Anda bisa memadukannya dengan roti panggang, biskuit, kue atau buah apel potong. Coba juga buat mochi atau olahan ayam berbalut kacang.

Kacang tanah, kacang mete atau almond dapat dimakan juga begitu saja sebagai camilan. Namun batasi asupannya agar tidak banyak konsumsi lemak. Jauhi juga produk kacang yang banyak memakai garam.

4. Ayam dan telur



Ayam termasuk varian protein yang disukai anak. Mudah diolah jadi berbagai resep enak. Seperti pelengkap nasi, mie atau roti. Agar lebih sehat, bisa membuat kreasi ayam kukus dengan baluran saus lezat. Selain ayam, telur dapat menjadi pilihan menu bekal yang praktis dan cepat.

5. Biji-bijian



Banyak jenis biji-bijian yang tinggi protein. Seperti kacang merah, kacang hijau atau kacang kedelai. Makanan ini bisa diolah jadi sup, puding atau isian kue. Anda bisa mencoba puding kacang hijau atau kacang merah ini.

Produk olahan biji-bijian seperti tempe atau tahu juga bisa jadi pilihan menu bekal. Misalnya bola-bola tempe, kroket tempe atau otak-otak tahu. (msa/odi)
FOKUS BERITA Bekal Sekolah Sehat

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com