ADVERTISEMENT

Kue Lebaran Lezat

Ragam Kue Tradisional yang Bisa Dijadikan Bingkisan Lebaran

Lusiana Mustinda - detikFood
Selasa, 28 Jun 2016 18:21 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Siapa bilang kue tradisional tak bisa jadi hantaran spesial. Selain kue kering, tentu Anda dapat memberikan aneka kue tradisional yang manis dan dibungkus cantik!

Jajanan pasar memang memiliki rasa yang enak. Jika belum ada ide ingin memberikan bingkisan lebaran apa, 7 kue tradisional ini bisa jadi pilihan.

1. Lapis Terigu
Lapis terigu dapat dibuat dengan aneka lapisan warna yang cantik. Anda bisa memadukan warna cokelat dan hijau atau kombinasi antara tiga warna seperti merah mudah, hijau dan putih.

Jajanan pasar yang satu ini terbuat dari tepung terigu, gula pasir, santan dan dicampur dengan daun pandan serta garam sebagai penambah aroma. Kue lapis terigu ini bisa Anda potong rapih dan dilapisi plastik bening dan kemudian dikemas cantik diatas keranjang rotan. Cocok untuk hantaran kerabat.

2. Bika Ambon
Kue berserat dengan warna kuning yang cantik bisa Anda berikan pada keluarga atau kerabat dekat. Kue asal Medan ini memiliki tekstur yang lembut dengan sensasi aroma segar daun jeruk.

Bika Ambon dibuat dengan campuran ragi, tepung terigu, tepung sagu, telur, santan hingga margarin. Bika ambon dengan ukuran persegi bisa ditaruh dalam wadah kemasan kardus kecil. Jangan lupa berikan pita cantik sebelum diberikan untuk hantaran.

3. Sarang Semut
Di daerah Sumatera, kue ini dikenal dengan nama bika karamel. Kue ini terbuat dari gula yang dipanaskan sehingga menjadi karamel dengan rasa manis dan berwarna cokelat tua.

Kue ini memiliki tekstur berpori yang dikarenakan campuran tepung, susu, telur, baking powder dan soda. Hmm, kenyal, legit dan wangi. Pasti banyak disukai orang, apalagi jadi teman minum teh atau kopi.

4. Kue 8 Jam
Kue yang proses pembuatannya memakan waktu 8 jam ini bisa jadi hantaran kue spesial. Berasal dari Palembang, kue 8 jam terbuat dari mentega, telur ayam, tepung terigu dan gula pasir.

Kue ini bertekstur lembut dengan rasa manis. Untuk mengemasnya, sebaiknya lapisi kue dengan plastik bening kemudian masukkan dalam kardus cantik hias pita dan jangan lupa beri kartu ucapan.

5. Kue Lumpang
Kue lumpang pandan merupakan salah satu jajanan khas Palembang. Disebut sebagai kue lumpang, karena bentuknya mirip lumpang, wadah yang digunakan untuk menumbuk padi, kopi atau bahan-bahan lainnya.

Kue lumpang biasanya disajikan dalam tiga warna yaitu putih, cokelat dan juga hijau. Kue lumpang ini dibuat dengan gula pasir, santan kental, pasta pandan, tepung beras, tepung kanji dan sedikit garam. Dan disajikan dengan taburan parutan kelapa.

Tapi jika ingin mendapatkan warna putih, Anda tidak perlu mencampurkan daun suji, sedangkan jika ingin warna cokelat ditambahkan dengan pasta cokelat dan hijau perlu ditambahkan daun suji hingga warnanya hijau pekat.

6. Lapis Legit
Lapis legit jadi salah satu kue yang paling sering dijadikan sebagai bingkisan. Perpaduan rasa gurih dan manisnya memang selalu bikin ketagihan. Lapis legit dibuat dengan menggunakan bahan seperti tepung terigu, kuning telur, mentega dan bumbu spekuk.

Dalam proses pembuatannya, adonan dituangi setiap lapisnya kemudian dipanggang satu lapis dengan satu dalam oven hingga berwarna keemasan.

7. Lapis Surabaya
Lapis khas Surabaya ini selalu ada dalam acara besar. Lapis surabaya terdiri dari dua lapisan yaitu kuning dan cokelat. Lapisan kuning terbuat dari kuning telur, gula pasir, tepung terigu, susu, mentega dan maizena. Sedangkan lapisan cokelat ditambahkan dengan cokelat bubuk. Diantara lapisannya diberi selai strawberry yang manis sedikit asam. (lus/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT