7 Kesalahan Memasak Ikan Asin yang Wajib Diketahui

ADVERTISEMENT

7 Kesalahan Memasak Ikan Asin yang Wajib Diketahui

Dea Duta Aulia - detikFood
Senin, 26 Sep 2022 14:16 WIB
Teri tawar untuk nasi goreng ikan asin
Foto: iStock
Jakarta -

Ketika mendatangi tempat jual ikan yang tepat, Anda akan mendapatkan ikan asin yang masih segar. Sekalipun ikan asin dapat tahan lama, akan tetapi ada baiknya mendapatkan ikan asin yang tidak tersimpan terlalu lama.

Seperti diketahui, ikan asin adalah makanan yang berbahan dasar ikan. Di proses dengan pengawetan yang menggunakan cara dikeringkan dan ditaburi garam dalam jumlah banyak. Di dalam mengolahnya, bukan berarti Anda dapat sembarangan.

Rasa ikan asin yang sangat nikmat didapatkan dengan memperhatikan cara memasak ikan asin tersebut. Selama ini apa yang kita lakukan untuk memasak ikan asin ternyata belum memperhatikan kenikmatan rasa yang terkandung di dalam ikan asin.

Beberapa kesalahan yang selalu kita abaikan dapat Anda simak. Lalu apa saja kesalahan yang sering kita lakukan?

1. Mencuci dan merendam ikan asin terlalu lama

Mencuci ikan tentu perlu kita lakukan, akan tetapi pada saat mencuci ikan asin, Anda tidak dapat terlalu lama melakukannya. Hal tersebut akan mengakibatkan kadar garam yang ada pada ikan itu akan menjadi hilang.

Beberapa di antara kita ada yang mengolah ikan asin dengan cara merendam ikan tersebut. Cara tersebut boleh saja dilakukan, akan tetapi beberapa orang sering terlupa waktu ketika merendam ikan asin tersebut. Bukan berarti ikan yang awet lama dapat kita rendam terlalu lama.

Akibat merendam ikan asin terlalu lama adalah ikan tersebut akan menjadi lembek dan tentu kadar garam dalam ikan asin akan berkurang atau malah hilang sama sekali.

2. Setelah Dicuci, Langsung Digoreng dengan Minyak Sedikit

Ikan asin dapat mudah sekali menjadi lembek apabila setelah dicuci atau direndam, ikan asin tersebut langsung digoreng. Apabila dilakukan tentu akan mengakibatkan percikan minyak pada saat penggorengan.

Ikan asin akan lebih nikmat dimakan apabila ikan tersebut renyah. Akan tetapi, bila digoreng dengan minyak sedikit, kerenyahan tersebut akan hilang. Ada baiknya pada saat menggoreng ikan asin, ikan dalam keadaan tenggelam di dalam minyak.

3. Memasukkan Ikan Asin ke Dalam Minyak yang Belum Panas

Bukan hanya ikan asin yang akan menjadi tidak nikmat ketika menggorengnya dengan minyak yang belum panas. Ikan asin apabila semakin renyah, tentu akan semakin nikmat untuk dimakan. Selain itu, ikan asin akan lebih mudah lembek, padahal kalau semakin garing dalam jangka waktu lebih lama, ikan asin akan tetap nikmat untuk disantap.

4. Menggunakan Minyak Bekas

Penggunaan minyak bekas ketika menggoreng ikan asin akan mengakibatkan rasa dari ikan asin menjadi terganggu. Ada kecenderungan ikan asin akan menjadi pahit. Akan lebih baik jika menggunakan minyak goreng yang masih baru.

Beberapa orang ada yang mempunyai pemikiran bahwa memasak ikan asin lebih baik menggunakan minyak bekas, karena apabila menggunakan minyak yang masih baru, minyak tersebut tidak dapat digunakan untuk menggoreng yang lainnya. Alasannya sih masih soal faktor ekonomis.

Hindari anggapan ekonomis yang salah apabila Anda ingin menikmati ikan asin dengan sangat renyah, garing, dan tentu nikmat. Olahan ikan asin ini tidak dapat sembarangan dalam mengolahnya, Anda akan mendapatkan sensasi rasa ikan asin akan semakin nikmat jika disajikan dengan sambal.

Kenikmatan ikan asin sudah dapat tercium dari aromanya yang menggugah selera. Tentu jangan dilupakan, kenikmatan tersebut akan Anda dapatkan jika Anda ke tempat jual ikan yang memang berkualitas baik.

5. Menggunakan Api yang Terlalu Besar atau Kecil

Penggunaan api yang terlalu besar akan mengakibatkan ikan menjadi gosong dan pahit ketika dimakan. Demikian halnya ketika menggunakan api terlalu kecil, ikan asin tidak akan merata tingkat kematangannya. Tentu Anda tidak akan mau dong kalau memakan ikan asin yang belum matang?

Ada baiknya menggunakan api sedang ketika menggoreng, lalu kecilkan api pada saat ikan akan mulai matang. Dengan cara ini, ikan akan matang dengan merata serta tidak mengurangi rasa renyah dan gurih yang terkandung di dalam ikan tersebut.

6. Menyamakan Teknik Memasak untuk Semua Jenis Ikan

Nah ini yang sering dilupakan, memasak ikan asin dengan menyamakan teknik memasaknya. Ada beberapa jenis ikan yang tidak dapat dimasak dengan cara yang sama contohnya ada perbedaan dalam memasak ikan teri dengan ikan jambal.

Ikan teri tidak diperlukan waktu perendaman dan penggorengan yang terlalu lama. Penggunaan minyak pun tidak dianjurkan untuk terlalu banyak, cukup dirasakan terendam minyak semua dan masak hingga krispi.

7. Menyimpan Ikan yang Masih Panas atau Hangat ke Dalam Toples

Uap panas pada ikan akan terjebak di dalam toples, hal itu akan menyebabkan ikan menjadi mudah lembek dan tidak garing dalam waktu yang lama. Uap panas yang terjebak di dalam toples akan berubah menjadi air, nah sebab inilah yang menjadikan ikan asin tersebut menjadi lembek dan tidak enak untuk dikonsumsi karena tidak garing lagi.

Setelah tahu kesalahan dalam mengolah ikan asin, tentu akan menjadi referensi Anda untuk mengolah ikan tersebut bagaimana sebaiknya dilakukan. Pergilah ke tempat jual ikan segar.

SayurboxFoto: dok. Sayurbox



Anda dapat mencari kebutuhan ikan segar melalui Sayurbox. Berbelanja di Sayurbox Anda akan dimanjakan dengan program NEMU atau Nebus Murah, di mana harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan tempat lain.



Simak Video "KuTips: Penting! 4 Cara Tepat Mengolah Daging Saat Darurat PMK"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT