ADVERTISEMENT

5 Life Hack agar Sayur dan Buah Awet Segar-Tak Cepat Layu

Erika Dyah Fitriani - detikFood
Jumat, 08 Apr 2022 10:00 WIB
Simpan buah-buahan di kulkas.
Foto: dok. Polytron
Jakarta -

Sayur dan buah adalah sumber makanan sehat yang seharusnya dikonsumsi setiap hari. Oleh karena itu, kita disarankan selalu memiliki persediaan sayur dan buah segar di rumah.

Namun sayangnya, masa simpan bahan makanan ini tidak terlalu lama. Jika tidak disimpan dengan benar, sayur dan buah menjadi lebih mudah rusak dan membusuk. Oleh karena itu, diperlukan trik khusus supaya bisa tetap terjaga kualitasnya.

Melansir NYTimes, berikut tips menyimpan sayur dan buah di kulkas agar awet dan nggak cepat layu.

Kubis

Cara menyimpan kubis agar lebih awet adalah dengan membungkusnya dalam kontainer yang rapat dan kedap udara, lalu letakkanlah di dalam kulkas. Sebelum disimpan, potong terlebih dahulu bonggol kubis yang bertekstur keras.

Kemudian singkirkan juga bagian luar kubis. Hal ini karena bagian luar sudah terkena berbagai kotoran saat kubis dijual.

Jika ingin lebih tahan lama disarankan untuk tidak memotong kubis, sebab tepi yang terpotong dapat teroksidasi setelah satu atau dua minggu penyimpanan. Kendati demikian, kamu dapat memotong bagian yang berubah warna tersebut dan menggunakan sisanya yang lebih segar.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau bisa diolah menjadi berbagai penganan, mulai dari salad, tumisan, hingga sayur berkuah. Agar tak perlu bolak-balik membelinya, kamu bisa beli sekaligus dan simpan dengan cara membungkusnya di plastik ziplock atau wadah kontainer kedap udara tanpa mencucinya terlebih dahulu.

Sebab, kelembapan yang berlebihan justru bisa menyebabkan sayuran berdaun ini lebih cepat membusuk di lemari es.

Apel dan Pir

Kedua buah ini sama-sama memiliki tekstur renyah yang disukai semua kalangan. Untuk membuatnya lebih awet, kamu dapat membungkusnya terlebih dahulu lalu simpan di dalam kulkas.

Dengan menyimpannya pada suhu yang mendekati titik beku, apel dan pir dapat mempertahankan kerenyahannya sepanjang tahun. Sebaliknya, jika diletakkan dalam suhu kamar mereka dapat lebih mudah terdegradasi dan membuatnya jadi tak segar.

Sebaiknya, kamu juga membungkus apel dengan kantung plastik karena ia melepaskan gas etilen yang dapat membuat produk segar lainnya di dalam kulkas jadi lebih cepat rusak.

Jeruk

Buah yang satu ini sebenarnya dapat disimpan di suhu ruang, namun untuk penyimpanan yang lebih tahan lama disarankan untuk didinginkan di dalam kulkas. Buah yang satu ini umumnya tidak sensitif terhadap etilen, sehingga dapat disimpan berbarengan dengan apel dan pir sekalipun.

Dengan menyimpannya di dalam kulkas, kamu juga bisa menambah kesegaran dari jeruk yang akan dikonsumsi. Terlebih jika ingin mengolahnya menjadi jus yang segar.

Mangga

Penyimpanan buah yang satu ini memerlukan perhatian khusus, sebab mangga yang masih mentah sebaiknya disimpan di suhu kamar untuk menunggunya matang perlahan dengan sendirinya. Jika dirasa mulai matang dengan kulit yang lebih empuk, mangga harus segera disimpan di dalam kulkas agar tetap segar dan lebih awet.

Mangga juga bisa dikupas serta dipotong terlebih dahulu, lalu dimasukkan dalam wadah kontainer kedap udara sebelum menyimpannya di dalam kulkas.

Itu dia 5 tips menyimpan sayur dan buah di kulkas agar awet dan nggak cepat layu. Jika ingin sayur dan buah tetap segar, Anda juga perlu memperhatikan penggunaan lemari es yang tepat di rumah. Salah satunya, dengan memilih lemari es Belleza dari Polytron yang memiliki vacuum compartment untuk dapat meminimalisir kadar oksigen dalam ruangan.

Simpan buah-buahan di kulkas.Foto: dok. Polytron

Dengan adanya vacuum compartment ini, lemari es Belleza dapat menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri sehingga kesegaran sayur dan buah akan tetap terjaga. Kulkas 2 pintu ini juga memiliki rak lebih lebar hingga 60 cm sehingga dapat ruang penyimpanannya lebih luas untuk membantu stok berbagai buah dan sayur di rumah. Tersedia juga kompartemen khusus yang dapat mengatur tingkat kelembapan, sehingga penyimpanan buah dan sayuran lebih terjaga secara optimal.

Seri kulkas yang satu ini juga memiliki kompresor inverter yang dapat menghemat listrik hingga 20%. Selain dilengkapi dengan desain mewah yang elegan, kulkas Polytron ini juga memiliki garansi sampai 10 tahun. Tunggu apa lagi? Segera dapatkan lemari es New Belleza series dari Polytron untuk jaga kesegaran buah dan sayur di rumah.



Simak Video "Masak Masak: Tips Simpan Sayuran di Kulkas Agar Tak Layu"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT