Cara Masak Daging Hemat Gas dan Waktu, Gunakan Alat Ini

Tim Detikfood - detikFood
Minggu, 03 Apr 2022 15:30 WIB
panci bertekanan untuk bom panci
Foto: Serious Eats
Jakarta -

Memasak daging perlu waktu lebuh dari satu jam. Jika ingin hemat waktu dan gas kamu bisa memasaknya dengan alat praktis ini. Bisa untuk bikin ketupat!

Saat ini harga daging sapi mencapai Rp 140.000 per kilogram, sementara harga gas LPG juga sudah naik lebih dulu. Jika ingin tetap memasak daging sapi dan jeroannya, kamu bisa menerapkan tips memasak ini.

Banyak peralatan masak yang menawarkan kemampuan memasak cepat dengan hasil maksimal. Salah satu yang masih populer saat ini adalah pressure cooker atau sebutan populernya panci presto. Mengacu merk Presto yang terkenal.

Panci ini mempunyai tutup dengan katup dan karet yang menjaga uap air di dalam panci tidak keluar sehingga bisa membuat tekstur makanan menjadi lebih cepat empuk atau lunak.

Apakah panci presto bisa meledak?

Ada beberapa kejadian yang membuat para ibu takut memakai panci bertekanan. Seperti panci meledak. Sebenarnya semua panci presto dilengkapi pengaman berupa katup. Katup akan turun jika api sudah dimatikan atau air tidak mendidih.

Atau katup harus digeser agar uap air yang terperangkap dalam panci keluar. Katup ini menyebabkan panci tidak bisa dibuka. Karennya jika dipaksa dibuka bisa terjadi ledakan. Uap air bertekanan tingggi didesak keluar secara mendadak.

Sebaiknya pelajari cara memakai panci bertekanan yang kamu beli. Tiap merk panci punya sistem yang berbeda. Ada yang dipanaskan di atas api ada pula yang memakai daya listrik. Jadi panci presto aman dipakai sejauh mengikuti petunjuk pemakaian dengan benar.

panci bertekanan untuk bom panciPanci presto atau panci bertekanan. Foto: Sunbeam

Memangkas waktu memasak hingga 50% lebih

Panci bertekanan ini mengandalkan suhu tinggi dari uap air karenanya waktu memasak menjadi lebih singkat dari cara biasa. Misalnya untuk jenis daging sapi dan jeroan hanya perlu waktu 30 menit saja.

Sedangkan untuk jenis kacang-kacangan hanya perlu waktu 15-20 menit saja. Seperti kacang tanah, kacang merah atau kacang hijau. Perlu diingat waktu memasak dihitung sejak air mendidih, bukan sejak kompor dinyalakan.

Kamu bisa punya panci presto GRATIS!

Selama bulan puasa, memasak makanan buka, takjil hingga sahur akan lebih cepat dan mudah memakai panci presto. Apalagi panci presto yang memakai kompor gas. Akan lebih hemat gas dan waktu.

Bayangkan dalam waktu 30 menit kamu bisa sajikan sop daging atau sop iga atau rawon. Belum punya panci presto? Tak perlu risau, detikcom punya 1 (satu) buah panci bertekanan volume 16 liter. Cocok buat masak rendang dan ketupat.

Kamu bisa mendapatkan GRATIS. Cukup kirimkan resep-resep menu ramadan berikut fotonya ke redaksi detikfood. Cara lengkapnya bisa kamu lihat DI SINI !



Simak Video "Puluhan Ribu Pengunjung Serbu Festival Baso Aci Garut 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)