5 Tips Masak Rendang Autentik Minang yang Empuk dan Hitam Bumbunya

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 07 Apr 2022 13:30 WIB
5 Tips Masak Rendang Autentik Minang yang Empuk dan Hitam Bumbunya
Foto: Getty Images/iStockphoto/LauriPatterson
Jakarta -

Rendang sempat heboh diperbincangkan di media sosial. Diajarkan secara turun temurun dari ibunya, netizen ini bagikan cara membuat rendang khas Minang yang autentik.

Olahan daging khas Minang, rendang memiliki keistimewaan. Dimasak dalam waktu yang lama, proses marandang untuk menghasilkan rendang daging ini bahkan harus dilakukan selama 8 jam lamanya.

Uniknya walaupun pembuatan rendang bisa ditiru oleh banyak orang dari berbagai daerah di luar Minang, tetapi ada perbedaan signifikan yang terlihat. Salah satunya penampakan rendang khas Minang yang cenderung lebih kering dan berwarna hitam, tetapi tidak gosong walaupun dimasak lama.

Belajar dari ibu kandung dan ibu kosnya, pemilik akun Twitter @rossie_31 membagikan cara membuat rendang yang hitam tetapi tidak gosong berdasarkan ilmu yang dimilikinya. Tips membuat rendang dengan cita rasa khas Minang yang dibagikan oleh wanita asal Pekanbaru, Riau ini juga bisa untuk dipraktikan di rumah.

Baca juga: 5 Fakta 'Rendang Goes to Europe' yang Bikin Bangga sekaligus Tuai Pro Kontra

Berikut ini 5 tips membuat rendang hitam khas Minang tanpa gosong menurut @rossie_31 (4/4):

5 Tips Masak Rendang Autentik Minang yang Empuk dan Hitam BumbunyaMenurut Rossie, bagian betis sapi yang sedikit lemak dan padat seratnya paling cocok untuk dijadikan rendang. Foto: Getty Images/iStockphoto/LauriPatterson

1. Pilih bagian daging yang tepat

Kurasi atau pemilihan daging yang tepat tentunya menjadi bagian awal yang sangat penting dan harus diperhatikan dengan baik. Tidak jauh berbeda pada masakan umumnya, beberapa masakan membutuhkan bagian tertentu atau jenis bahan tertentu agar hasilnya sempurna.

Menurut Rossie, untuk pembuatan rendang khas Minang dibutuhkan bagian daging betis. Dirinya mengatakan daging betis memiliki karakteristik daging yang cenderung padat dan tidak terlalu berlemak.

Selain itu daging bagian betis yang tidak banyak lemak ini mudah sekali dimasak dengan empuk. Seratnya yang padat, minim lemak tetapi empuk ketika dimasak dengan api kecil saja memang menjadi ciri khas rendang Minang jika ingin mendapatkan rasa yang otentik.

2. Perbandingan santan

Dikenal sebagai hidangan yang hampir semuanya menggunakan santan, memilih kelapa juga penting jika ingin menyajikan masakan khas Minang. Termasuk saat menyajikan rendang yang pemilihan kelapanya harus diperhatikan lebih detail.

Tidak seperti gulai yang cenderung lebih mudah dibuat, untuk memasak rendang dibutuhkan jenis kelapa dan perbandingan jumlah santan dengan daging yang tepat. Rossie mengatakan bahwa untuk membuat 1 kilogram rendang dibutuhkan 3 buah kelapa tua dan 1 kelapa muda untuk dijadikan santan.

Antara santan kental dan santan yang biasa harus dipisahkan. Langkah yang satu ini dinilai penting untuk dilakukan dan seringkali banyak diewatkan sehingga beberapa hasil rendang hanya mendapatkan rasa gurih berempah tidak keluar minyaknya.

Baca juga: Disambut Meriah! Nenek 92 Tahun Ini Kembali Buka Kedai Mie Usai 'Cuti'



Simak Video "Dubes RI untuk Bulgaria Sukses Tarik Investasi Bahan Makanan USD 2 Juta"
[Gambas:Video 20detik]