Program 7 PAS Bantu UMKM Jakarta Timur Raih Cuan Lebih Banyak

ADVERTISEMENT

Program 7 PAS Bantu UMKM Jakarta Timur Raih Cuan Lebih Banyak

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 08 Des 2022 16:00 WIB
Program 7 PAS Bantu UMKM Jakarta Timur Raih Cuan Lebih Banyak
Foto: Philips
Jakarta -

Pelaku UMKM menjadi penggerak ekonomi masyarakat menengah ke bawah. Beri dukungan sepenuhnya, pemda Jakarta Timur bersama Philips membantu UMKM mudah berinovasi.

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi penggerak ekonomi rakyat yang perlu diperhatikan. Bisnis yang digerakkan oleh masyarakat lokal ini tidak bisa dipungkiri memiliki pengaruh besar pada perekonomian nasional.

Hanya saja modal yang tak besar membuat para pelaku UMKM membutuhkan bantuan dari pihak-pihak berwenang. Menanggapi kebutuhan pelaku UMKM Jakarta Timur, pemerintah daerah Jakarta Timur melakukan program khusus pemberdayaan UMKM.

Parulian Tampubolon selaku Kepala Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Jakarta Timur mengatakan pemerintah daerah memiliki program khusus untuk membantu pelaku UMKM. Dikenal dengan sebutan 7 PAS (Pasti Akan Sukses) para pelaku UMKM dibina untuk mampu mengelola bisnisnya dengan baik.

Program 7 PAS Bantu UMKM Jakarta Timur Raih Cuan Lebih BanyakPemda Jakarta Timur bekerja sama dengan Philips menyediakan blender untuk pelaku UMKM. Foto: Philips

Pada acara Inspirasi Philips Domestic Appliances (7/11) Parulian menjelaskan para pelaku UMKM mendapatkan pembinaan untuk pendaftaran, pelatihan, pendampingan, perizinan, pemasaran, pelaporan hingga permodalan. Baru-baru ini bahkan ada juga program untuk menunjang peralatan yang dibutuhkan UMKM.

Bekerja sama dengan Philips, Parulian menyebut sudah ada 1200 blender yang diberikan kepada pelaku UMKM yang membutuhkannya. Selanjutnya masih ada beberapa unit lagi yang sedang disiapkan untuk tahap lanjutan.

Tak hanya menyediakan produk, Philips juga mengadakan acara untuk membantu para pelaku UMKM mengelola bisnisnya untuk meminimalisir kerugian. Mendatangkan pelaku UMKM yang sukses, Muhammad Arofik, pelaku UMKM dari Jakarta Timur diberikan kesempatan untuk belajar kiat-kiat mengelola keuangan dengan baik.

Muhammad Arofik yang kini sudah memiliki 40 cabang gerai ayam goreng mengatakan pentingnya pengelolaan keuangan terutama pada pelaku UMKM yang masih menyatukan keuangan sehari-hari dengan bisnisnya. "Keuangan bisnis dan rumah itu harus dipisah, bahkan untuk sepeser kecil pun harus ada catatannya. Agar bisa terlihat bisnis yang dijalankan untung atau tidak," kata Arofik.

Program 7 PAS Bantu UMKM Jakarta Timur Raih Cuan Lebih BanyakPara pelaku UMKM juga diberi pelatihan untuk memanfaatkan dan merawat peralatan memasak. Foto: Philips

Arofik berbagi cara menghitung ongkos produksi dan tips untuk mendapatkan laba atau keuntungan yang lebih besar. Perhitungan yang sistematis disebut akan sangat membantu bagi pelaku UMKM baik dari penentuan harga jual hingga mengembangkan usahanya menjadi lebih besar nanti.

Setelah dibantu untuk mengelola keuangan, para pelaku UMKM juga dipertemukan oleh chef Martin Praja untuk belajar banyak soal bisnis kuliner. Chef Martin Praja juga mengingatkan peralatan yang tepat menjadi salah satu penunjang yang paling penting bagi pelaku UMKM.

Para pelaku UMKM juga diingatkan untuk memilih peralatan yang sedikit lebih mahal tetapi minim rusak untuk menghemat biaya service. "Saya juga awalnya penjual martabak, saya coba beli alat yang murah-murah. Tapi ternyata peralatan yang murah tidak tahan lama, hasilnya saya dulu harus selalu service bahkan setiap satu tahun beli yang baru," kata Danny Hadhyan selaku Presiden Direktur Komisaris PT Philips Domestic Appliances Indonesia yang berbagi pengalamannya.

Terutama bagi penjual jus buah atau minuman dingin, chef Martin Praja membagikan tips untuk menajamkan pisau blender dengan menggunakan es batu saja. Kemudahan chef Martin Praja membuat bakso goreng hanya dengan menggunakan chopper juga disambut antusias terutama oleh pelaku UMKM yang didominasi oleh ibu rumah tangga.

Menggunakan blender dan berbagai perlengkapan tambahan dari Philips, para pelaku UMKM belajar banyak tentang cara pemanfaatan dan perawatan berbagai alat memasak untuk kelancaran bisnis kuliner.



Simak Video "Bikin Laper: Mie Ayam Bejo Super Endul"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT