Pasar Laron Kota Batu Surga Kuliner, Bisa Jajan Waffle hingga Gurita Bakar!

ADVERTISEMENT

Street Food 101

Pasar Laron Kota Batu Surga Kuliner, Bisa Jajan Waffle hingga Gurita Bakar!

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Sabtu, 26 Nov 2022 17:00 WIB
Pasar Laron Kota Batu Surga Kuliner, Bisa Jajan Waffle hingga Gurita Bakar!
Foto: Andi Annisa DR/detikfood
Batu -

Jalan-jalan ke Batu, foodies wajib mampir ke Pasar Laron. Pasar ini adalah surga kuliner karena beragam jajanan tradisional hingga kekinian ditawarkan. Apa saja ya pilihannya?

Kota Batu identik dengan udaranya yang sejuk dan wisata memetik apel langsung dari kebunnya. Lebih dari itu, di Batu ada banyak spot kuliner yang layak dikunjungi.

Salah satu yang ramai direkomendasikan adalah Pasar Laron. Jangan bayangkan pasar ini seperti pasar tradisional ya! Konsep Pasar Laron lebih seperti kawasan berisi puluhan pedagang makanan kaki lima.

Tiap pedagang menghadirkan booth yang menarik perhatian pengunjung. Jenis makanan yang ditawarkan pun sangat beragam, termasuk yang kekinian dan terinspirasi dari jajanan khas Thailand hingga Korea Selatan.

Pasar yang berada di Jalan Sudiro ini paling hidup pada akhir pekan, khususnya jelang sore hingga malam hari. Pengunjung ramai-ramai datang dari berbagai penjuru kota untuk menikmati suasana.

Berdampingan dengan Alun-alun Batu yang ikonik

Pasar Laron Kota Batu Surga Kuliner, Bisa Jajan Waffle hingga Gurita Bakar!Pasar Laron, surga kuliner kekinian di kota Batu yang ramai pada sore hingga malam hari. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Lokasi Pasar Laron begitu strategis karena berdampingan dengan Alun-alun Batu yang banyak dikunjungi wisatawan luar kota. Di kawasan ini pula terdapat banyak hiburan yang bisa dicoba.

Contohnya wahana mini seperti bianglala yang ada di dalam Alun-alun Batu. Di sekitarnya juga ada hiburan naik delman dan skuter listrik yang kekinian. Pengunjung bisa menikmati wisata ini bersama keluarga.

Jika sudah lapar, jajanlah di Pasar Laron. Menilik sejarahnya seperti ditulis situs Ngalam (4/2/2017), pasar ini merupakan tempat penampungan para Penjual Kaki Lima (PKL) yang sebelumnya mangkal di berbagai titik sekitar alun-alun.

Pasar Laron dibuat sebagai tempat penampungan sementara para PKL sebelum dipindahkan ke depan Plaza Batu dan Gor Ganesha. Nama 'laron' disematkan karena pasar ini ramai di malam hari dimana banyak orang mendekati sumber cahaya yaitu lampu penjual makanan layaknya laron.

Jajan Waffle Dharmasena serasa jajanan kafe

Pasar Laron Kota Batu Surga Kuliner, Bisa Jajan Waffle hingga Gurita Bakar!Egg waffle yang penuh topping ada di Pasar Laron, harganya Rp 20.000an saja! Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Dari puluhan penjual makanan di Pasar Laron, Waffle Dharmasena langsung mencuri perhatian detikfood. Menu yang dijajakan adalah egg waffle yang kerap jadi menu kafe.

Penjualnya, Bayu Setiawan adalah eks pegawai kafe. "Saya sudah berjualan kurang lebih selama 6 tahun. Basic saya dulu itu bekerja di kafe," katanya ramah pada detikfood (3/10).

Bayu tertarik menjual menu dessert ala kafe itu ke ranah jajanan kaki lima. Ia membanderol waffle-nya Rp 20.000 hingga Rp 25.000 saja, sudah dengan beragam pilihan topping.

Adonan waffle-nya bisa pilih mau vanilla, cokelat, atau campur keduanya. "Kalau toppingnya banyak macamnya. Ada buah, seperti stroberi, pisang, mangga juga ada. Kemudian kalau topping-topping yang kering itu ada kayak mesis, marshmallow, choco chips, kacang, Oreo," lanjutnya.

Diakui Bayu, menu terfavorit di sini adalah waffle Oreo-Milo. "Kan orang sudah tahu rasanya. Jadi orang tidak ragu (dengan pilihan rasa Oreo Milo)," tuturnya.

Egg waffle buatan Bayu ternyata begitu nikmat disantap hangat-hangat. Tekstur luarnya garing, namun dalamnya masih lembut. Rasanya makin maksimal ketika ditambahkan topping dan es krim.

Waffle Dharmasena buka tiap hari, pada Sabtu buka mulai pukul 14.00. Sementara pada Minggu buka pukul 10.00 dan pada hari lain baru beroperasi pada pukul 15.30.



Simak Video "Jelajahi Pusat Kuliner dan Jajanan di Kalibata"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT