Kini Dijual Minuman Sensasi Bir Tanpa Alkohol yang Bersertifikasi Halal

ADVERTISEMENT

Kini Dijual Minuman Sensasi Bir Tanpa Alkohol yang Bersertifikasi Halal

Riska Fitria - detikFood
Sabtu, 12 Nov 2022 16:30 WIB
Minuman Bir Tanpa Alkohol, Halal atau Haram?
Foto: iStock
Jakarta -

Biasanya bir identik dengan kandungan alkohol. Namun, ada produk minuman bir tanpa kandungan alkohol dan sudah mengantongi sertifikat halal.

Bir dikenal sebagai minuman beralkohol yang populer di dunia. Bir diproduksi melalui proses fermentasi bahan berpati tanpa melalui proses penyulingan setelah fermentasi.

Bagi umat muslim, tentu bir merupakan minuman yang dilarang untuk dikonsumsi. Namun kini, beberapa minuman beralkohol banyak dibuat versi tanpa alkohol atau disebut zero alkohol.

Salah satunya Ramoe, merek minuman keluaran Rasa Group dengan sensasi seperti bir. Minuman ini disebut-sebut sebagai solusi bagi yang tidak bisa dan tidak diperbolehkan minum minuman alkohol.

Baca Juga: Benarkah Bir 0% Alkohol Halal? Ini Penjelasan MUI

RamoeRamoe saat grand launching di pameran SIAL INterfood 2022 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta. Foto: Ramoe

Sherley Ruslie selaku Managing Director Rasa Group mengatakan bahwa minuman ini diharapkan dapat dikonsumsi oleh semua kalangan, terutama bagi mereka yang tidak diperbolehkan minum minuman alkohol.

"Kami bermaksud menjadikan Ramoe untuk bisa menyatukan semua kategori, kalangan, dan golongan konsumen agar semua bisa merasakan kenikmatan yang sama," ujarnya dalam Grand Launching Ramoe di SIAL Interfood, JIEXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat (09/11/22).

Menurutnya, minuman ini dirancang untuk menantang tren minuman Indonesia dengan menciptakan rasa yang baru dan unik. Lebih lanjut, Sherly menyebutkan bahwa Ramoe telah mengantongi sertifikat halal.

"Kami berbeda dengan yang lain, karena kami telah mendapat sertifikasi halal. Dari situ, secara proses pun berbeda," Jordy selaku Sales and Brand Marketing Manager Rasa Group.

Baca Juga: Kakek 110 Tahun Ini Minum Bir Setiap Hari Agar Panjang Umurnya

RamoeRamoe mengklaim tidak mengandung alkohol dan merupakan minuman rendah kalori. Foto: Ramoe

Ramoe juga merupakan minuman kaleng yang rendah kalori. Jordy mengatakan bahwa dalam satu kaleng Ramoe hanya mengandung kalori sebanyak 80 kcal. "Jumlah ini terbilang rendah," tuturnya.

Minuman bir non alkohol ini bisa dinikmati langsung atau bisa juga dikreasikan dengan berbagai jenis minuman lainnya sesuai dengan selera masing-masing.

Harga satu kalengnya dibanderol Rp 22 ribu dan sudah dapat dibeli di supermarket, hotel maupun restoran. Booth Ramoe juga bisa dikunjungi di SIAL Interfood 2022 sampai hari ini terakhir.

Mengenai sertifikasi halal, kami telah menghubungi pihak LPPOM MUI dan masih menunggu jawaban. Mengingat bahwa produk makanan dan minuman yang mirip dengan produk non halal tidak bisa disertifikasi halal.

Baca Juga: Minuman Bir Tanpa Alkohol, Halal atau Haram?



Simak Video "Melihat Pameran Makanan dari 27 Negara di SIAL Interfood 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT